Gigit Curhat: Diingetin HOOQ, Terdampar di Iflix, lalu Nonton Knights of Sidonia

Yah…, tak diragukan lagi. Gigit punya penyakit lupa yang lumayan akut. Sewaktu ngecek email di pertengahan Februari lalu, ga sengaja Gigit nemu email dari HOOQ. Ngasih tahu kalau langganan HOOQ Gigit bakal abis.

hooq-gigit-mau-abis
Eh? Tiba-tiba aja abis?

Bentar…. Kok, bisa? Gigit ga ngerasa pernah langganan. Kok, tiba-tiba aja abis?

Ternyata, oh, ternyata.

Setelah ditelisik, Gigit pernah register di HOOQ pertengahan tahun lalu. Karena apa, Gigit juga udah lupa. Yang bisa Gigit inget, misi pertama Gigit di HOOQ adalah nyari sinetron-sinetron lama. Kayak Panji Manusia Millenium, Tuyul dan Mbak Yul, trus Wah Cantiknya. Dan jangan lupa, juga ada Kawin Gantung!^^

panji-manusia-millenium-1-hooq
Bisa nostalgia di HOOQ. Nonton Panji Manusia Millenium di sini^^

Karena Gigit make kartunya Telkomsel, sewaktu beli paket Internet tertentu, dapet bonus langganan di HOOQ. Ternyata, ini penyebabnya. Gigit ngerasa ga pernah langganan, tapi tiba-tiba diingetin kalau langganannya mau abis.

Dari HOOQ ke Iflix.

Penasaran Gigit akhirnya muncul. Secara baru aja nonton anime Beelzebub sama Black Bullet, Gigit jadi pengen tahu katalog anime punya HOOQ. Langsung aja Gigit buka kategori anime. Dan… tadaaaaa! Cuma ada 6 judul kalo ga salah. Itu pun, ga ada yang Gigit kenal. Huh…~.~

30 Juli 2017. Dan sekarang, kategori anime di katalog HOOQ udah menghilang. Hanya tersisa serial anime adaptasi MARVEL…~.~

katalog-anime-hooq-20170730
Gambar ini diambil 30 Juli 2017, kurang lebih 3 bulan sehabis artikel ini Gigit publish. Waktu itu, masih ada anime kayak “Robotics;Note” dan “Silver Spoon”. Sekarang, udah nggak ada lagi. Kuota HOOQ Gigit yang bergiga-giga entah gimana ngabisinnya sekarang~.~

Dalam kekecewaan yang mendalam itu, kenangan masa lalu Gigit akhirnya balik juga. Gigit inget pernah register di Iflix. Tapi seingat Gigit juga, berkali-kali Gigit coba login setelah register itu, malah ga bisa-bisa. Pertama Gigit kenal Iflix, sewaktu lagi heboh-hebohnya Netflix kena blokir. Gigit iseng aja buat daftar^^

Berharap ga error lagi, Gigit coba masuk ke situs Iflix. Dan… walaaa? Ga perlu login, Gigit langsung bisa masuk ke katalog. Gigit juga langsung bisa streaming. Ada apa gerangan? Setelah diperiksa bagian subscription, Gigit kaget! Kok, bisa, ya? Apa Iflix sepaket dengan Speedy, ya? Sabodo, deh. Yang penting bisa login sekarang^^

paket-langganan-iflix-gigit
Kayaknya, ini langganan otomatis. Gimana mutusinnya, yah? Ah, masa bodo!
Iflix lebih rame.

Kalo urusan anime, sih, kayaknya katalog Iflix lebih rame dibanding HOOQ. Kalo ga salah, sampe 20 judul lebih!

Masalahnya sekarang…, dari sekian banyak judul, cuma 2 di antaranya yang Gigit kenal. Yakni Akame ga Kill dan Kantai Collection. Masalahnya lagi, Gigit lagi ga niat untuk nonton Akame ga Kill karena tahu bakal banyak karakter yang mati (dan banyak adegan berdarah-darah). Gigit juga entah kenapa masih belom niat buat nonton Kantai Collection.

Sama kayak HOOQ, Gigit nyari Doraemon ga ketemu. Haha!

Tapi, Gigit lagi setres inih. Lagi perlu tontonan.

Yah, Gigit gulir-gulir aja daftar katalognya. Siapa tahu nemu poster anime yang bikin penasaran pengen nonton. Karena Gigit suka robot-robotan, Gigit nyoba nyari poster anime dengan latar robot. Dan…, ketemu!

Knights of Sidonia (KoS), atau Sidonia no Kishi (SnK).

Hm…? Bukan Gundam, ya? Bentuk robot di posternya juga aneh. Judulnya juga ga pernah denger. Tapi…, coba nonton, deh.

Menit-menit awal: jelek!

Apa, nih? Sama sekali bukan kartun 2D! Ini animasi 3D yang dimirip-miripin dengan 2D! Adegan pembukanya juga rada-rada suram. Setingnya di suatu tempat underground. Trus, sempat ada adegan yang lumayan bikin ngilu.

Pokoknya, ga sesuai ekspektasi!

Gigit udah mau nyerah aja. Walau Gigit suka robot-robotan dan perang-perangan, Gigit ga doyan adegan-adegan kekerasan yang eksplisit. Bikin nonton ga enak! Tapi entah kenapa waktu itu, otak Gigit yang lagi konslet malah berkata lain.

Ayo kita liat, sampe seberapa jelek anime ini. Kita tonton terus sampe abis.

Agak lamaan dikit: apa iniiiii? Kepala Gigit sakit!

Gigit ga bisa kenal karakter-karakternya. Muka mereka sama semua. Yang beda cuma panjang-pendek dan warna rambut, terus pake celana atau pake rok, terus… (uhum) rata apa nggak (uhum).

Aaaaaargh!

Episode 1 abis! Hayuk, kita nonton episode 2!

Haha! Dan, begitulah. Meski Gigit masih belum terima kenapa tampilan anime ini dibuat seolah-olah 2D, padahal 3D. Trus, kenapa juga mukanya (bagi Gigit) sama semua? Tapi tetep aja, Gigit tonton sampe abis satu episode. Bahkan, sampe lanjut episode selanjutnya, selanjutnya, daaaaan selanjutnya, sampe abis satu musim^^

Pada akhirnya, Gigit pun berubah pikiran. Gigit udah ga masalahin tampilan 3D yang mirip 2D. Gigit juga udah bisa ngenalin karakter-karakternya. Secara, ga banyak karakter baru yang muncul sepanjang cerita.

Suka, suka, suka, sukaaaaa!

Singkatnya, sih, serial ini tentang sisa-sisa umat manusia yang berkelana di luar angkasa dengan kapal induk bernama Sidonia. Mereka nyari tempat tinggal baru. Alien yang disebut Gauna bikin Bumi ga bisa lagi dihuni. Untuk ngelawan alien-alien itu, para awak Sidonia nyiapin robot tempur yang disebut Garde (versi Inggris) atau Morito (versi Jepang).

Di musim pertama, Gigit dibuat ga percaya karena tiba-tiba saja…, ah, sudahlah. Lagi males bikin spoiler. Tapi di musim kedua, Gigit dibikin nangis kegirangan, begitu tahu kalau [sensor] sembuh dari lukanya yang amat-teramat serius.

Anime KoS aslinya dari komik. Sampe ini Gigit tulis, belum ada versi Indonesianya. Tapi kalo nggak keberatan sama versi Inggrisnya, bisa nemu di Google Play Books.

knights-of-sidonia-no-kishi-komik-google-play-books
Buka Google Play, trus search Knights of Sidonia. Nemu, deh, komik-komiknya (plus harganya). But, semua komik KoS dalam bahasa Inggris^^
Mau nonton di Iflix?

KoS punya dua season. Keduanya bisa ditemuin di Iflix dalam dua judul yang berbeda (untuk beberapa waktu lalu). Yang ga ada di Iflix adalah movie-nya. Kalo ga salah, KoS versi film berupa rangkuman musim pertama dengan bumbu tambahan. Gigit sendiri, sih, belom pernah nonton versi filmnya. Tapi sewaktu Gigit nulis ini, musim pertamanya udah ga ada lagi di Iflix. Mungkin, lisensinya udah expired.

sidonia-no-kishi-iflix
Ini musim pertamanya. Saat Gigit nulis ini, ternyata, udah expired dari Iflix. Berarti, udah ga ada lagi di katalognya. Ga tau, deh, kalau-kalau ke depannya nanti bakal muncul lagi apa nggak.
sidonia-no-kishi-iflix-s2
Ini musim keduanya.

Di Iflix, KoS punya rating TV-MA, alias untuk dewasa. Kenapa? Karena ada beberapa adegan fisik yang lumayan sadis (bagi Gigit). Kayak jari patah, ketembak, jari putus, leher putus. Kayak begitu itu dan munculnya ga diduga-duga. Tapi, ga banyak, kok. Kalo banyak, Gigit ga mungkin nonton sampe abis. Gigit takut darah^^

Selain itu, juga ada beberapa adegan sensual yang memang nggak bagus diliat sama anak-anak. Bukan adegan aktivitas seksual, sih. Misalnya aja, adegan ganti baju, mandi, berjemur, dan sejenisnya. Khusus di Iflix, kayaknya adegan begitu udah kena sensor. Kalau ga ada kaitan sama cerita (bumbu doang), kayaknya udah dipotong. Tapi kalau ada kaitan sama cerita, adegannya ditimpa atau di-blur. Ga banyak, sih, adegan-adegan kayak gitu. Jadi, disensor apa nggak, bagi Gigit, sih, nggak ngaruh.

Topik ceritanya sendiri juga lumayan berat. Nggak cuma sekadar nyeritain perjuangan manusia nyari dunia baru. Tapi lebih dari itu.

Telitilah sebelum nonton^^

Buat tambahan yang kepingin kepo.
Iklan

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

2 thoughts on “Gigit Curhat: Diingetin HOOQ, Terdampar di Iflix, lalu Nonton Knights of Sidonia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s