Gigit Kepo: Bahas DVD Gundam 00 the Movie

Ceritanya, kan, dulu Gigit pernah pesen DVD film Gundam 00 dari Amazon.com. Gigit tahu isinya pasti film Gundam 00 (kecuali seller-nya ngaco salah kirim). Masalahnya, Gigit ga tahu kualitas gambar filmnya kayak gimana. Apa bisa diputer di DVD player Gigit? Trus, ekstranya apa-apa aja?

Terinspirasi video unboxing BD/DVD anime di YouTube (cieh), Gigit pun jadi pengen bikin tulisan yang ngebahas BD/DVD yang Gigit koleksi. Siapa tahu, kan, ada yang nyari info BD/DVD yang kebetulan pula Gigit punya. Jadi, ga perlu pusing-pusing lagi kayak Gigit. Cukup baca aja di sini. Kalau masih belum cukup juga, baru, deh. Silakan kisanak meneruskan perjalanan menuju tempat yang lebih hakiki^^ #adeuh

Dan sebagai permulaan, Gigit mau ngebahas DVD Mobile Suit Gundam 00 the Movie: A Wakening of the Trailblazer tersebut. Udah jadul, sih. Tapi…, ya…, ga papa, kan?

Regionalnya.

DVD-nya masuk Regional 1. Kalau di DVD player biasa punya Gigit, bisa diputer tanpa masalah. Tapi kalau mau diputer di komputer, agak susah karena diproteksi. Agak susah bukan berarti ga bisa. Cuma, mesti repot dulu buka proteksinya.

Gigit harus bisa buka DVD-nya di komputer untuk keperluan backup. Sayang, kan, kalo beli jauh-jauh, tapi dibiarin begitu aja? Ini aja Gigit nyesel ga backup VCD Gundam SEED rilisan Cinekom. VCD-nya udah pada rusak karena keseringan diputer. Uhuuu~.~

Boks, sampul, dan isinya.

DVD yang Gigit pesen ini diedarkan sama Bandai untuk pasar Amerika Utara. Soalnya, kan, Gigit nyarinya di Amazon.com yang pusatnya di US. Nyari di Amazon.co.jp sama aja nyari penyakit. Baca tulisannya susah. Ntar, Gigit malah salah beli. Hohoho!

sampul-boks-dvd-gundam-00-a-wakening-of-the-trailblazer
Sampul boks DVD Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.

Di dalam boksnya, nggak ada isi apa-apa selain satu keping DVD. Boksnya sendiri kayak boks DVD kebanyakan yang terbuat dari plastik warna hitam.

dvd-gundam-00-the-movie-dirgita
Penampilan DVD Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.
Audio dan videonya.

Untuk audio, disediain 2 pilihan bahasa. Mau Jepang atau Inggris? Trus, masing-masing bahasa ada 2 pilihan channel suara. Mau 2.0 atau 5.1? Yang versi 5.1 itu yang paling bagus. Apalagi kalau speaker yang dipake juga bagus. Berasa dikelilingin.

Kalo videonya sendiri dalam format NTSC. Dimensi gambarnya 854 x 480 piksel. Di mata Gigit, sih, gambarnya keliatan bening^^

Subtitelnya.
subtitel-gundam-oo-awot-dialog-1
Contoh adegan dan subtitel dialog dalam bahasa Inggris. Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.

Ada 3 pilihan subtitel.

  • Full dialogue, termasuk lirik-lirik lagunya (lagu pembuka dan penutup). Untuk dialog, pake bahasa Inggris. Kalau lirik lagu, campuran Inggris sama Jepang.
  • Cuma lirik lagu yang pake subtitel. Bahasa yang dipake Inggris sama Jepang.
  • Ga pake subtitel. Jadi, subtitelnya bisa dimatiin.
subtitel-gundam-oo-awot-lirik.jpg
Contoh subtitel lirik lagu pembuka, campuran Inggris sama Jepang. Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.
Subtitel bikin sendiri.

Dari detail DVD-nya, ketahuan kalo AWOT di-dubbing bahasa Inggris. Nah, Gigit sendiri lebih suka nontonnya dalam bahasa Inggris ketimbang Jepang.

Di sini masalahnya. Mau apa pun audionya, Gigit ga bisa nonton dengan bener. Karena subtitelnya nggak pake bahasa Indonesia. Fansub, sih, Gigit yakin banyak banget di Internet. Hanya aja, mayoritas fansub yang edar berdasarkan audio Jepang, sedangkan yang Gigit tonton audionya Inggris.

Gigit udah pernah nyoba pake subtitel buatan fansub. Dan rasanya aneh. Ada istilah yang kurang pas. Karena setelah di-dubbing, terkadang ada istilah atau struktur kalimat yang berubah. Ada juga timing yang geser antara Jepang dan Inggris. Kalo Gigit sama sekali ga ngerti bahasa Inggris, sih, fine-fine aja. Tapi karena separo-separo Gigit paham, ya, rasanya janggal juga. Hihi.

Ini bukan karena fansubnya yang jelek. Ini cuma masalah selera.

Selain itu, Gigit lebih suka tampilan subtitel kayak di TV. Font-nya tebal, warna kuning, sederhana aja kayak Arial, serta pemisah dialog antarkarakter pake garis miring (/), bukan tanda hubung (-).

subtitel-gundam-oo-awot-dialog-2
Contoh subtitel bawaan DVD dengan dialog dua karakter sekaligus. Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.

Satu-satunya cara, ya, Gigit harus bikin subtitel sendiri. Dan akhirnya, bisa rampung juga setelah nyaris 6 tahun. Hehe. Lama, ya? Ya, iya. Ngerjainnya kalau lagi sempet aja. Udah gitu, ngandelin denger dialog. Kayak-kayaknya, sih, ada beberapa dialog yang salah denger dan ada juga hasil improvisasi. Tapi, ah. Cuma dipake buat sendiri^^

subtitel-gundam-oo-awot-indonesia-1
Contoh #1 subtitel Indonesia. Dialog biasa. Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.
subtitel-gundam-oo-awot-indonesia-2
Contoh #2 subtitel Indonesia. Terjemahan teks on-screen. Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.
subtitel-gundam-oo-awot-indonesia-3
Contoh #3 subtitel Indonesia. Dialog dua karakter. Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.

Bagi yang pengen nyobain subtitel buatan Gigit, bisa download dari link yang ada di bagian paling bawah tulisan ini. Gigit hanya nyediain file subtitel, loh, yah. Ga ada videonya. Font yang dipake berjenis Liberation Sans Narrow. Lirik lagu pembuka maupun penutup sama sekali nggak Gigit bikinin subtitel.

Karena ini cuma buat suka-suka, subtitelnya mungkin bakal berubah-ubah tiap saat. Sesuai mood Gigit yang juga suka berubah-ubah ga pandang musim^^

Subtitel buatan Gigit jangan digabungin dengan videonya, trus di-upload di tempat laen, yah. Please, jangan banget! Termasuk juga jangan digabungin dengan videonya, trus dijualin. Jangaaaaan!

Kalau mau diubah sesuai selera masing-masing, sih, terserah^^

Menu dan ekstranya.

Waktu pertama kali diputer, kita bakal ketemu menu DVD dengan nuansa biru-biru. Di sebelah kiri, ada foto-foto karakter AWOT. Di sebelah kanan, cuplikan adegannya. Nah, kalo di bagian bawah, menu-menu yang bisa dipilih.

dvd-menu-gundam-oo-awot
Tampilan menu DVD Mobile Suit Gundam 00: A Wakening of the Trailblazer. (c) 2010 Sotsu, Sunrise, MBS.
  • Play Movie, kalau pengen muter filmnya langsung.
  • Scene Select, kalau pengen milih-milih atau loncat-loncat adegan. Seenggaknya, AWOT dibagi jadi 12 adegan yang bisa dipilih.
  • Set-Up, isinya untuk nyetel audio sama subtitel.
  • Extras, buat nampilih konten tambahan DVD. Konten tambahannya cuma DVD Credits (daftar staf yang terlibat dalam pembuatan DVD) sama Bandai Entertainment Trailers (trailer anime yang di-publish sama Bandai di Amerika Utara).
Next!

Nah, itu dia serba-serbi DVD Mobile Suit Gundam 00 the Movie: A Wakening of the Trailblazer. Semoga bermanfaat. Buat tulisan selanjutnya, Gigit mau bahas DVD complete collection anime School Rumble, ah. Oyeee!^^

Buat yang kepo.
Iklan

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s