Gigit Kepo: Bahas DVD School Rumble

Setelah bongkar-bongkar tulisan jaman Majapahit, ternyata Gigit pernah nulis begini sekitar dua tahun lalu.

Um…, udah dulu, deh, curhatannya. Lain kali, Gigit mau review DVD sama komik yang Gigit pesen. Siapa tahu, ada yang perlu buat dijadiin referensi. Kalo sempet, dan ga lagi bete. Hehe.

Kayaknya, sekaranglah waktunya untuk mewujudkan tulisan yang udah lumutan itu. Hoho!

Gigit sekarang mau bahas DVD complete collection anime serial School Rumble^^

Regional 1. Rilisan Amerika.

Yuhup! DVD School Rumble yang Gigit koleksi adalah rilisan Amerika yang diedarkan sama Funimation. Sampe sekarang, belom pernah Gigit coba di DVD player biasa. Gigit cuma muternya di DVD laptop atau PC.

School Rumble sendiri ada dua musim. Masing-masing musim dijual terpisah. Jadi, ada dua paket penjualan, paket musim pertama dan paket musim kedua. Gigit ngumpulin kedua-duanya. Biar hemat, pilih edisi S.A.V.E. (Super Amazing Value Edition) alias “edisi murah meriah pake banget”. Hihi. Lagian, kayaknya Funimation udah berenti rilis versi standar untuk School Rumble^^

Paket pertama, School Rumble: First Semester.
dvd-school-rumble-1st-semester-funimation-take-1
Penampakan boks DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.
dvd-school-rumble-1st-semester-funimation-take-2
Penampakan keping DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Apa yang kita dapet di koleksi semester pertamanya? Yang pasti, semua episode di musim pertama, yakni episode 1 – 26. Ditambah lagi bonus 2 episode OVA “Kelas Tambahan” (Extra Class). Episode OVA ini adalah episode yang nggak ditayangin di TV. Maksudnya, nggak ditayangin sama stasiun TV di Jepang. Kalau di Indonesia, sih, semuanya nggak ada yang tayang. Hehe.

interview-japanese-vo-school-rumble-1st-disk-5-funimation
Ini salah satu sesi wawancara dengan pengisi suara School Rumble versi Jepang. Ada di disk 5. DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Semua episode itu dikemas dalam 6 keping DVD, dirangkum dalam satu buah boks yang lumayan tebal. Boksnya dari plastik warna putih agak transparan.

Setelah Gigit main-main lagi ke Amazon.com, ternyata Funimation ngerilis ulang edisi S.A.V.E. untuk musim pertama. Kalo ngeliat dari boksnya, berarti yang Gigit beli adalah edisi tahun 2009. Keliatan dari logo Funimation yang beda. Dari deskripsinya, edisi tahun 2015 cuma punya 5 keping DVD. Tapi, jumlah episodenya tetep sama (1 – 26 episode standar dan 2 episode OVA). Mungkin, yang beda adalah ekstranya. Bisa jadi, ekstra seperti trailer ada yang dihapus atau diganti.

menu-dvd-school-rumble-1st-disk-5-japanese-cast-interviews-funimation
Dari disk 1 – 5, nuansa menunya sama-sama kuning. Contoh di atas dari menu disk 5. DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Kalo yang Gigit punya, disk 1 – 4 isinya episode standar. Episode 1 – 26.

Nah, kalo disk 5, isinya ekstra. Ekstranya macem-macem. Salah satunya wawancara dengan pengisi suara School Rumble versi Jepang. Yang diwawancarain adalah pengisi suara Tenma, Yakumo, Eri, Mikoto, Akira, Sara, Karen, Itoko, Anegasaki, Harima, dan Karasuma. Selain itu, ada original TV spots, iklan School Rumble di TV, textless song, dan trailer untuk rilisan Funimation lainnya selain School Rumble. Semuanya pake bahasa Jepang dengan subtitel Inggris, kecuali trailer.

menu-dvd-school-rumble-1st-disk-6-extra-class-funimation
Nah, kalo yang pink begini nuansanya adanya di menu disk 6 (OVA). DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Trus, di mana OVA-nya? OVA sebanyak 2 episode ada di disk 6. Ga hanya OVA, di sini masih ada ekstra. Ada wawancara lagi dengan pengisi suara versi Jepang. Kali ini, lebih fokus sama pengisi suara Tenma dan Yakumo. Ditambah lagi dengan textless song dan juga trailer rilisan Funimation.

Oh iya, sampul boksnya bisa dibolak-balik, loh. Istilahnya, reversible cover^^

sampul-dvd-school-rumble-1st-semester-1
Ini sampul yang pertama kali keliatan sewaktu DVD-nya dateng di rumah. DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.
sampul-dvd-school-rumble-1st-semester-2
Setelah beberapa bulan, Gigit baru nyadar. Sampulnya bisa dibalik. Dan, inilah penampakannya. DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.
Paket kedua, School Rumble: Second Semester.
dvd-school-rumble-season-2
Yang kiri dan kanan itu boks plastik berisi keping DVD. Kalo yang tengah, boks kertas buat nyimpen boks plastiknya. DVD School Rumble: Second Semester oleh Funimation.
dvd-school-rumble-2nd-semester-funimation-take-2
Di balik sampul boks plastik DVD-nya, ada ilustrasi tokoh-tokoh wanita dari School Rumble. DVD School Rumble: Second Semester oleh Funimation.

Di paket musim kedua, kita dapet episode 1 – 26 ditambah beberapa ekstra. Dikemas dalam 4 keping DVD dalam dua boks plastik terpisah, yang kemudian dikemas lagi di dalam satu boks terbuat dari kertas. Itu edisi rilis tahun 2009. Kalo edisi rilis tahun 2015, kayaknya punya kemasan seperti musim pertama. Pake satu buah boks plastik.

dvd-school-rumble-2nd-semester-funimation-take-1
Boksnya ada dua jenis. Plastik dan kertas. Kalo boleh milih, Gigit lebih seneng boks yang seperti musim pertama. Ga ribet. DVD School Rumble: Second Semester oleh Funimation.

Ng…, kayaknya bagusan edisi tahun 2015, deh. Soalnya, yang punya Gigit boksnya udah agak-agak terkelupas gitu. Maklum, kan, bahannya kertas~.~

interview-tenma-japanese-vo-school-rumble-2nd-disk-4-funimation
Ada wawancara dengan Kak Ami Koshimizu (Tenma) di disk 4. DVD School Rumble: Second Semester oleh Funimation.
menu-dvd-school-rumble-2nd-disk-1-funimation
Disk 1 – 2 menunya merah-merah. DVD School Rumble: Second Semester oleh Funimation.

Dalam disk 1, ada episode 1 – 7. Dalam disk 2, ada episode 8 – 13, ditambah ekstra berupa interview dengan pengisi suara Tenma versi Jepang, textless song, dan juga trailer Funimation.

menu-dvd-school-rumble-2nd-disk-4-funimation
Di disk 3 – 4, kita ketemu menu dengan nuansa biru-biru. DVD School Rumble: Second Semester oleh Funimation.

Dalam disk 3, kelanjutan episode 14 – 20. Selanjutnya di disk 4, ada episode 21 – 26, ditambah ekstra berupa interview dengan pengarang School Rumble, textless song, serta trailer Funimation.

OVA season tiganya mana?

Ga ada.

26 Juni 2017.

Setelah bertahun-tahun, Gigit akhirnya tahu di mana bisa nemuin dua episode OVA untuk musim ketiga. Kedua OVA itu dirilis sebagai bundle untuk komik School Rumble volume 21 dan 22 (limited edition). Formatnya DVD. OVA 1 untuk volume 21, OVA 2 untuk volume 22.

Biasanya, sih, kalo bundle sama komik, agak susah buat dapet lisensinya. Makanya, Funimation ga nerbitin OVA School Rumble musim ketiga.

Saat ini, Gigit berusaha buat ngoleksi DVD-DVD itu. Untuk OVA 1 (plus komik volume 21) udah Gigit pesen, tinggal nungguin landing di markas besar. Untuk yang OVA 2-nya menyusul, tapi belum tahu kapan. Masih krismon soalnya. Doain bisa terlaksana dengan cepat, yah. Biar bisa Gigit bahas di sini^^

Audionya Jepang dan Inggris stereo.

Yups, selain dalam bahasa Jepang, School Rumble juga disulihsuarakan ke bahasa Inggris oleh Funimation. Sulih suara cuma berlaku untuk episode utama dan OVA. Kalau ekstranya, nggak di-dubbing.

Videonya dalam format NTSC yang interlaced.

Gimana jelasinnya, ya? Mungkin, gambar di bawah ini bisa menjelaskan. Hehe.

efek-ntsc-interlaced-video-dvd-school-rumble-funimation
Ini efek yang Gigit maksud. Kalo ga salah, namanya interlaced, atau telecined, yah? Au^^ DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Seenggaknya, itu yang Gigit dapat untuk rilisan 2009. Ga tau, deh, kalau rilisan 2015. Kalau di TV, kayaknya ga akan keliatan. Kalo pake komputer, keliatan banget.

Nah, supaya efek interlasinya ga keliatan, ada beberapa cara. Tergantung aplikasi yang dipake. Kalo pake MPlayer versi command line (kayak Gigit di Linux), bisa nambahin filter pullup.

mplayer dvd://1 -vf pullup

Kalo pake VLC, opsi Deinterlace-nya diidupin^^

deinterlace-vlc
Klik kanan dulu, supaya menu dan opsinya muncul. Ini kalo pake VLC^^

Kalo player yang lain, Gigit nggak tau. Gigit seringnya pake MPlayer atau VLC~.~

Subtitelnya bahasa Inggris.

Termasuk juga untuk lagu pembuka dan penutup, ada subtitelnya dalam bahasa Inggris. Hanya Inggris. Nggak ada subtitel lirik dalam bahasa Jepang. Semuanya dengan fonta tebal warna putih (ato abu-abu, ya?) dengan border warna hitam.

subtitle-dvd-school-rumble-lirik-funimation
Ini contoh subtitel lirik lagu pembuka. DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.
subtitle-dvd-school-rumble-dialog-dan-teks-funimation
Contoh subtitel dialog dan juga terjemahan teks on-screen. DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Kalau ga suka atau kalau kepengen ngetes kemampuan bahasa Jepang, subtitelnya bisa dimatiin^^

Bikin subtitel lagi, ah.

Yah…, kayaknya emang subtitel DVD rata-rata punya formatnya sendiri. Apalah daya bagi seorang Gigit yang justru berkiblat pada subtitel TV. Udah gitu, kan, Gigit lebih suka audio bahasa Inggris. Sayangnya, subtitel yang ada untuk bahasa Jepang.

Oke, deh, kalo gitu. Gigit bikin sendiri^^

subtitle-dvd-school-rumble-dialog-dan-teks-indonesia-dirgita
Subtitel kesukaan Gigit, warna kuning^^ DVD School Rumble: First Semester oleh Funimation.

Saat ini, sih, belum semua episode yang dibuatin. Pelan-pelan. Karena hasil denger audio, kayaknya ada beberapa dialog yang salah denger. Ada juga beberapa dialog yang sulit banget diikutin. Jadinya, ya, improvisasi. Ah, cuma buat dipake sendiri, kok^^

Bagi yang pengen nyobain subtitel buatan Gigit, bisa download dari link yang ada di bagian paling bawah tulisan ini. Gigit hanya nyediain file subtitel, loh, yah. Ga ada videonya. Font yang dipake berjenis Liberation Sans Narrow. Lirik lagu pembuka maupun penutup sama sekali nggak Gigit bikinin subtitel. Untuk saat ini.

Karena ini cuma buat suka-suka, subtitelnya mungkin bakal berubah-ubah tiap saat. Sesuai mood Gigit yang juga suka berubah-ubah ga pandang musim^^

Subtitel buatan Gigit jangan digabungin dengan videonya, trus di-upload di tempat laen, yah. Please, jangan banget! Termasuk juga jangan digabungin dengan videonya, trus dijualin. Jangaaaaan!

Kalau mau diubah sesuai selera masing-masing, sih, terserah^^

Video unboxing.

Gigit ada nemu beberapa video unboxing DVD anime School Rumble di YouTube.

Ini video unboxing untuk edisi yang rilis tahun 2009.

Dan ini unboxing untuk edisi rilis tahun 2015.

Yuhup^^

Begitulah….

Itu dia serba-serbi DVD complete collection School Rumble dari Funimation. Abis ini, mau bahas apa lagi, yah? Um…, liat nanti aja, deh^^

Begitulah^^

Buat yang kepengen kepo.
Iklan

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

2 thoughts on “Gigit Kepo: Bahas DVD School Rumble”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s