Gigit Curhat: Nyari SAO, Ketemu Crunchyroll. Makanan apa itu?

Kalo kemaren-kemaren Gigit curhat soal gimana bisa terdampar di layanan Iflix dan HOOQ, sekarang Gigit ceritain gimana bisa nemu layanan streaming anime bernama Crunchyroll. Sampe akhirnya sekarang, jadi salah satu layanan utama Gigit buat nonton anime (selain Iflix)^^

Sebenernya, dulu udah pernah ketemu, sih.

Kalo ga salah, waktu itu lagi heboh-hebohnya One-Punch Man. Gigit yang waktu itu masih buta anime, ketemu cuplikan-cuplikannya di YouTube. Gigit awalnya ogah-ogahan. Tapi suatu hari, akhirnya pengen juga buat nonton anime aneh dengan tokoh utama ga terkalahkan itu.

one-punch-man-daisuki
One-Punch Man © ONE, Yusuke Murata/SHUEISHA, Hero Association.

Gigit pun iseng search “one punch man”. Pada awalnya, Gigit terdampar di sebuah situs streaming anime bernama DAISUKI. Tapi, kita skip aja. DAISUKI-nya diceritain di tempat laen ajah. Kan, Gigit mau bahas Crunchyroll. Hehe.

Nah, setelah dari DAISUKI, Gigit kemudian mampir di sebuah forum bahasa Inggris. Dan Gigit inget betul kalo di forum itu bicarain sebuah website streaming bernama “Crunchyroll”. Kurang lebih yang mereka bahas “apakah Crunchyroll dapet nayangain One Punch Man di layanan mereka?”

Karena Gigit nggak ngeh, dan lagi males mikir, Gigit close aja. Dan kemudian melanjutkan kehidupan seperti biasasanya. Wehehe^^

Sampe akhirnya, setahun kemudian….

Tepatnya, awal tahun tadi. Sekitaran Februari. Gigit yang lagi bete, pengen banget nonton anime. Salah satu anime yang Gigit pengen tonton adalah SAO (Sword Art Online). Kalo ga salah, Gigit ketemu judul SAO kayaknya gara-gara lagi musim promo Sword Art Online the Movie: Ordinal Scale. Karena keracunan promo, jadilah Gigit ngidam pengen nonton anime itu^^

sao-2-crunchyroll
Poster SAO II di Crunchyroll. © 2014 Reki Kawahara/Published by Kadokawa Corporation ASCII Media Works/SAOII Project.

Gigit pun iseng search “sword art online”. Ceklak-ceklik. Hingga akhirnya, sampelah Gigit di link yang merujuk ke Crunchyroll.

Eng, ing, eng!

Dan, di situlah Gigit baru tahu kalo ada situs streaming anime gratis tapi legal. Itulah dia si Cruncyroll. Tapi…, nggak semuanya bisa ditonton gratis, sih. Ada juga judul-judul yang perlu keanggotaan premium. Jadi, harus bayar dulu, baru bisa ditonton.

nyarko-san-crunchyroll
Contoh yang harus member premium itu Nyarko-san. Buat bedain yang free sama premium, bisa diliat di thumbnail episodenya. Kalo ada gambar mahkota kuning, berarti premium. Kalo ga ada, berarti free.

Tapi syukurlah, SAO nggak termasuk layanan streaming premium. Jadi, Gigit bisa langsung nonton. Hanya aja…, yang bisa Gigit tonton cuma musim keduanya. Ihiks…~.~

Itu semua karena regional lock.

Yaps, tak semua judul yang ada di CR (Crunchyroll) bisa diakses bebas seluruh dunia. Sebagian besar judul, kayaknya hanya tersedia untuk regional Amerika. Termasuk SAO musim pertama.

Gigit pernah nyobain ngintip katalog CR dengan bantuan proxy. Hasilnya? Amazing! SAO di CR komplit dari musim pertama sampe musim kedua. Nggak hanya versi subtitel berbahasa Jepang, tapi juga ada versi dubbing bahasa Inggris.

Tapi, Gigit ga bisa nonton. Error. Haha!^^

Sword Art Online II. Cobain nonton, ah!

Ya, udah. Nikmatin aja apa yang ada.

sao-crunchyroll
Udah, jangan protes! Tonton aja. Hihi^^

Cerita di SAO II tentu aja setelah event di SAO I. Semula, Gigit khawatir bakal nggak bisa ngikutin, karena belum nonton SAO I. But, hasilnya nggak jelek-jelek amat. Buktinya, Gigit bisa banjir air mata di episode terakhir SAO II.

Gigit banjir air mata bukan karena nggak ngerti ceritanya, ya. Tapi karena ceritanya yang menyentuh relung hati Gigit yang paling dalam^^

Kalo ga salah, SAO II ada 24 episode, ditambah 1 episode rangkuman (episode 14.5). Porsi paling gede kisahnya tentang dunia game baru dengan tema tembak-tembakan. Nama game-nya Gun Gale Online alias GGO. Di situ, Kirito harus mencari tahu siapa dalang kejadian aneh yang terjadi di dalam game itu.

Alur di tema GGO cukup mendebarkan. Gimana nggak? Ada aksi tembak-tembakan. Udah gitu, salah dikit, bisa mati beneran.

Setelah tema GGO usai, ada tema-tema lain setelahnya. Kalo GGO mendebarkan, maka alur selanjutnya lumayan kocak dan menyentuh. Dan untuk kisah penutupnya, cukup menguras air mata. Gigit sampe dua kali nonton endingnya, berharap bisa nonton dengan tenang dan penglihatan yang jernih. Tapi justru, dua kali nonton, malah dua kali luber banjir di mana-mana~.~

Mau nonton di Crunchyroll?

Langsung aja mampir https://crunchyroll.com. Nggak perlu daftar-daftaran, karena memang terbuka bagi penonton biasa. Hanya aja, bagi penonton dan anggota biasa, bakal ada iklan-iklan yang nyelip.

Wajarlah, namanya juga nonton gratis, kayak di TV. Kalo nggak ada iklan, CR ga dapet pemasukan buat bayarin lisensi animenya.

Kalo ga mau ada iklan? Harus join jadi member premium. Itu artinya, harus berlangganan. Gigit juga akhirnya join sebagai member premium. Ada beberapa judul yang pengen Gigit tonton, tapi harus punya akses sebagai member premium. Seenggaknya, biayanya jauh lebih murah ketimbang beli BD complete collection yang isinya 12 episode. Cukup bayar sekali sebulan, bebas nonton sepuasnya. Ga ada iklan!^^

Oh iya, ga ada subtitel Indonesia di CR. Paling banter, ya, bahasa Inggris~.~

cuplikan-sao-2-episode-1-crunchyroll
Cuplikan salah satu adegan di SAO II episode pertama yang ditayangkan di Crunchyroll. Yap, subtitelnya bahasa Inggris^^

Di situs CR, Gigit ga bisa ngeliat rating usia untuk tiap tayangan. Jadi, Gigit ga tau SAO II ratingnya apaan. Satu-satunya cara, ya, bisa cari di MyAnimeList.net. Dari situ, Gigit tahu kalau SAO II ratingnya (khususnya di Amerika) untuk usia 13 tahun ke atas (PG-13). Well, ini anime laga dengan romansa di dalamnya. Ga mungkin untuk anak-anak di bawah usia itu, kan? Lumayan banyak adegan kekerasan dan juga beberapa kali adegan berdarah (namanya juga laga). Dan juga, adegan lagi mandi. Hihi. Kayaknya, hampir semua anime yang Gigit tonton ada adegan yang terakhir itu.

Selamat menonton^^

Buat yang kepo.
Iklan

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s