Gigit Curhat: Website Gigit Kena Permaaaaak!

Gigit kaget! Sungguh kaget! Begitu buka website GDD yang sebenernya masih dalam maintenance mode, eh, tiba-tiba dikasih “surat cinta”. Website Gigit kena deface!

Setelah beberapa waktu lalu blog Gigit kena suspend, kini giliran website Gigit kena deface~.~

Awal mula.

Waktu itu, Gigit ngecek trafik blog Gigit (yang ini) di WordPress. Belakangan, Gigit ngerasa ada yang aneh. Secara, blog Gigit, kan, termasuk underrated. Kok, bisa-bisanya dapet kunjungan dari Amrik? Banyak lagi. Adalah hampir tiap hari selama beberapa minggu ini.

asal-pengunjung-20160606
Ini trafik kemaren (6/6/17). Hm…, dari Amerika?

Penyebabnya kemungkinan, sih, ada tiga. Pertama, orang Amrik ngunjungin blog Gigit. Kedua, blog Gigit dikunjungin orang Amrik. Dan ketiga, ada kunjungan dari Amrik ke blog Gigit. Hehe^^

Nah, ada satu lagi yang aneh. Gigit baru ketemu kemaren pas kena deface. Salah satu kunjungan ke blog Gigit ternyata berasal dari sebuah link yang ada di salah satu website-nya Gigit. Masalahnya, seinget Gigit khusus website yang itu, Gigit sama sekali nggak pernah nyantumin blog Gigit di sana. Dan juga yang bikin greget, bunyi link-nya (kalo dibaca) agak-agak mesum.

perujuk-pengunjung-20160606
Maap, link mesumnya Gigit samarkan. Lagi puasa^^
Whaaaaat?

Sejak kapan Gigit naro link mesum di website yang Gigit kelola? Gigit ga seiseng itu! Ngapain juga capek-capek begitu? Nyari tenar? Tenar yang ga banget~.~

Penasaran

Pengen tau apa yang sebenernya terjadi, Gigit buka website Gigit itu. Dan…, tralala. Gigit dapet surat cinta yang menggetarkan jiwa dan mengguncangkan sanubari. Dan pada saat itu juga, Gigit sadar telah menjadi korban deface.

Perkiraan kronologi.

Perhatian, semua nama termasuk tampilan deface telah “disamarkan” demi menjaga privasi pemermak. Walau nama dan capture-nya samaran (alias palsu), tetep ga mengubah kenyataan bahwa website Gigit udah kena permak.

fake-deface-gigit-900x600
Perhatian, gambar di atas bukanlah tampilan deface yang sebenarnya!

Kita sebut aja namanya Bunga.

Bunga kayaknya berhasil nemuin celah keamanan di platform WordPress yang Gigit pake. Celah yang mana, Gigit nggak tahu. Yang pasti, Bunga kemudian berhasil upload skrip mesum di website Gigit. Najis!

Dengan teknik supercanggih, Bunga juga berhasil naro surat-surat cintanya di semua subfolder website Gigit. Dan kebetulan, subfolder itu punyanya add-on domain Gigit. Jadi, Gigit punya website lain di bawah website yang kena jebol itu. Singkat kata, semua website Gigit kena deface sekaligus. Kalau kata pepatah, “Sekali merengkuh dayung, dua, tiga pulau terlampaui.”

Nah, skrip mesum itu kayaknya dipake buat ngintip semua subfolder di hosting yang Gigit pake. Sayangnya, Bunga sempat kena jebakan betmen. Begitu skrip mesumnya diakses, Bunga malah jatoh ke blog Gigit yang ini.

Tapi karena Gigit jarang ngecek trafik, agak lama baru ketahuan^^

Sayangnya, skrip mesum itu udah dihapus. Gigit ga bisa liat apa isinya. Mungkin, Gigit bisa minta bantu customer support buat ngelakuin recovery for deleted file(s)?

Begitulah.

Akhirnya, Gigit harus ngehapus surat-surat cintanya. Tapi…, nggak semuanya dihapus, sih. Ada yang masih Gigit simpen buat kenang-kenangan. Soalnya, di situ ada link sebuah lagu. Lagunya lumayan. Gigit sampe diemin sebentar halaman deface-nya sebelom dihapus, sambil masang headset buat dengerin lagu itu.

Selain itu, di bagian bawah, kan, ada semacam “tertanda” dari yang nge-deface. Begitu Gigit buka, Gigit dikasih liat gambar dari salah satu anime yang lagi tayang di musim ini. Gambarnya, sih, bukan gambar mesum. Tapi dari yang Gigit tahu, itu asalnya dari anime yang rada-rada ecchi.

Hadoh! Mimpi apa Gigit semalem, sampe harus dikasih surat cinta dari penggemar mesum~.~

Jadi….

Buat temen-temen yang lain, periksa berkala website-nya, ya. Siapa tahu dapet surat cinta kayak Gigit. Kan, nggak banget^^

Iklan

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s