Gigit Curhat: Diskonan Anime Juni 2017

Diskonan, oh, diskonan. Hehe.

Setelah kemaren Gigit cerita soal berburu diskonan anime di bulan Mei 2017, sekaligus uji coba kartu debit baru, sekarang Gigit mau cerita soal berburu diskonan anime di bulan Juni 2017 dan beberapa uji coba yang lain. Tapi karena celengan Gigit belum sembuh dari masa-masa kritis, ga banyak yang Gigit dapet. Ihiks!

Lah, udah tau belum sembuh, dipaksain berburu. Piye, tho?

Karena misi uji coba Gigit belum usai.

Mulai di bulan Juni ini, Gigit nggak semata-mata berburu potong bebek angsa potongan harga. Gigit juga nyari-nyari the last pieces untuk ngelengkapin koleksi Gigit. Gigit juga nambah beberapa opsi pertimbangan, yakni keperluan jangka panjang plus pilihan paling ekonomis yang paling mungkin.

Keperluan jangka panjang? Maksudnya?

Misalnya, Gigit mau ngapain dengan koleksi anime itu nantinya? Tentunya, selain ditontonin. Misalnya aja, dijadiin bubur, dijadiin bahan baku pupuk kompos, dijadiin pakan lele. Dijadiin….

Becanda^^

Pokoknya, terkait penggunaan jangka panjang selain ditonton dan dikoleksi. Pokoknya gitu, deh^^

Terus, pilihan paling ekonomis yang paling mungkin?

Tentu aja nyari cara yang paling murah buat didapetin. Atau minimal, cara yang bisa dibilang belum tentu yang paling murah, tapi seenggaknya tidak begitu menyakitkan. Dengan demikian, kesehatan jiwa dan raga celengan Gigit bisa terjaga. Nggak sakit-sakitan kayak sekarang.

Misalnya, dari itung-itungan didapet hasil kalo pake “Cara A” abis-abisnya 100, sedangkan “Cara B” abis-abisnya 130. Kalo nggak ada lagi variabel lain yang perlu diliat, maka Gigit bakal milih “Cara A”. Mayan, kan, bisa hemat 30? Misalnya, loh. Misalnya.

Tapi kalo seandainya “Cara A” cuma dapet used item yang nggak bisa dijamin keabsahannya, udah gitu bikin ribet (harus ngurus ini ngurus itu misalnya), sedangkan “Cara B” justru bisa dapet new and sealed, bisa nyicil, dan ga pake ribet (deal langsung beres), ya, Gigit bakal milih “Cara B”. Nyicil di sini maksudnya bukan ngutang, tapi belinya nggak sekaligus. Bisa pelan-pelan. Biasanya, sih, item-item yang rilis per part atau per volume. Kalo nyicil begini, walau agak mahal, tapi sakitnya nggak berasa. Dan…, tiba-tiba aja udah komplit^^

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Gituh.

Nah, hasil dari misi ini akan menentukan nasib celengan Gigit di masa mendatang^^

Termasuk milih jasa forwarder.

Apa itu? Singkatnya, forwarder adalah penyedia jasa buat kita yang kepingin belanja di toko-toko luar Indonesia yang ga bisa ngirim ke Indonesia. Dengan racikan yang pas, bisa nambah hemat pengeluaran.

Tapi kalo salah formula…, ya…, amblas juga. Bahkan, bisa bikin bangkrut~.~

Sebenernya, Gigit banyak nemu jasa forwarder. Terutama untuk Jepang sama USA. Tapi untuk kali ini, Gigit hanya nyobain jasa forwarder untuk wilayah Jepang. Yang fee plus ongkirnya nggak semenusuk di USA. Maklum, USA — Indonesia itu lebih jauh ketimbang Jepang — Indonesia. Dari segi jarak.

Yah, mengingat juga masih terasa perih yang teramat-amat di celengan Gigit. Jadi, ya, nggak bisa banyak-banyak. Yang penting, adalah buat uji coba~.~

Sabar, ya, Nak.

Mari kita langsung aja^^

Anime pertama: Arata Kangatari Volume 1, 3, dan 4 (BD).

Gigit kenal Arata Kangatari sekitar awal April 2017 lalu. Gara-gara nemu cuplikannya di YouTube. Tapi sekarang, videonya di YouTube udah nggak ada lagi. Dan Gigit pun udah lupa videonya itu tentang apaan. Yang pasti, sempet bikin Gigit tertarik, sampe-sampe dicatet di daftar anime yang pengen dikoleksi.

Ng…, tapi sedikit banyak, kayaknya Gigit inget, deh. Kalo ga salah, videonya itu tentang anime-anime yang masuk kategori underrated gituh. Kalo ga salah^^

Singkat cerita, Gigit cuma bisa nemuin Arata Kangatari di negeri asalnya, Jepang. Dan kenyataan pahit sudah menunggu. Nggak ada complete collection, yang ada per volume. Arata Kangatari punya 6 volume dengan harga normal per volume yang bikin mata kelilipan^^

Tapi karena udah jadi kebiasaan, tetep Gigit tandain. Dan beberapa hari kemudian…, ada diskoooooooooon! Ga sia-sia Gigit tandain, kan? Diskonnya lupa daratan sampe 90%! Nggak semua volume yang kena, sih. Tapi seenggaknya, diskooooon!

Udah gitu, harganya turun terus hampir tiap hari. Bikin deg-degan bakal tiba-tiba sold out.

Mulai dari Arata Kangatari ini, Gigit mau uji coba dua hal berbeda sekaligus.

Pertama, Gigit mau coba pesen item used (bekas pakai). Gigit udah punya kandidat dua volume Arata Kangatari yang harganya terjun bebas, volume 3 dan 4. Dua-duanya dijual langsung oleh Amazon (bukan merchant). Tentu aja barang baru. Dan setelah ditimbang-timbang, lebih baik ditambah satu volume lagi, dengan syarat harganya beda-beda tipis. Akhirnya, pilihan Gigit jatuh sama item bekas pakai untuk volume 1.

Kedua, Gigit mau coba pesen sama jasa order khusus Jepang: Titip Jepang. Setelah diitung-itung, jauh lebih ekonomis kalau nitip sama mereka ketimbang beli langsung. Dan tentunya, nggak ribet-ribet amat. Hubungin aja via PM Facebook, kasih link-nya, tentuin harga, deal, tinggal duduk manis nungguin pesenannya dateng.

Nah, Gigit pernah cerita, kan, kalo Amazon.co.jp cuma punya satu metode pengiriman untuk luar negeri? Ongkos kirimnya nyaris sama dengan harga produk yang waktu itu Gigit pesen, belom lagi ada import fees deposit yang bikin ongkirnya nambah tinggi (kesian celengan Gigit). Meski bakal dibalikin, tapi di awal-awal tetep harus dibayar.

Selain itu, item bekas (volume 1) dan volume berapa itu (lupa), dijual sama merchant yang nggak bisa ngirim ke Indonesia. Jadi, Gigit perlu sejenis forwarder dan Titip Jepang punya kemampuan buat itu. Mereka punya gudang di Jepang.

Awal Juni kemaren, akhirnya Gigit pesen. Beberapa hari kemudian, barangnya udah nyampe gudang Jepang. Trus, di awal Juli, udah nyampe Indonesia.

anime-haul-201706-dirgita-arata-kangatari-1-3-4-titip-jepang-amazon-jp
Arata sang Legenda akhirnya merapat. Volume 1, 3, dan 4^^

Mengingat Gigit masih ada pesen yang lain, Gigit minta di-hold sampe semua pesenan Gigit ngumpul, baru diterusin ke Gigit. Biar hemat di ongkir, gituh. Dan…, pas di tanggal 1 Agustus kemaren, diskonan pertama Gigit di bulan Juni nyampe dengan selamat^^

Anime kedua: Plastic Memories Volume 1 (BD)

Plastic Memories jadi anime yang bikin Gigit banjir air mata jauh sebelum nonton serialnya. Plus, termasuk anime khilaf download. Hehe.

Kalo Arata Kangatari Gigit lebih fokus ke faktor paling ekonomis, maka di Plastic Memories ada faktor keperluan jangka panjang. Oleh karenanya, Gigit nggak pesen rilisan luar Jepang seperti kebiasaan lalu-lalu. Padahal, di Amerika dan Belanda, Plastic Memories dirilis hanya dua part dengan total harga yang jauh lebih rendah dibanding rilisan Jepang.

Terus, keperluan jangka panjang apakah itu?

Rahasia^^

Makanya, selang semingguan Gigit pesen Arata Kangatari ke Titip Jepang, Gigit pun nambah orderan Plastic Memories. Alesannya, ya, setelah diitung-itung, biar lebih ekonomis. Lagi pula, Plastic Memories volume 1 yang Gigit pesen adalah item used dari merchant. Mereka nggak bisa ngirim ke Indonesia.

Dari semua harga, Gigit pilih yang paling murah di bawah 1.000 Yen. Gigit masih penasaran sama barang-barang bekas di Amazon.co.jp, apalagi dengan harga yang lumayan murah.

Kan, masih uji coba. Makanya Gigit milih yang bekas aja dan paling murah. Tapi jangan asal murah. Cek juga deskripsi barangnya^^

Beberapa hari setelah Gigit pesen, barangnya udah nyampe di gudang Jepang. Tapi, karena satu dan lain hal, sampe Gigit nerbitin tulisan ini, BD Plastic Memories-nya belum nyampe-nyampe juga di Indonesia. Nanti kalau udah nyampe atau ada kabar terbaru, posting-an ini bakal Gigit update^^

Anime ketiga: School Rumble 3rd Semester OVA 1 (DVD bonus komik School Rumble volume 21).

Setelah bertahun-tahun lamanya Gigit nyimpen DVD School Rumble 1st Semester dan 2nd Semester, Gigit akhirnya nemu DVD School Rumble 3rd Semester. Walaupun itu nggak mengubah kenyataan bahwa musim ketiga anime School Rumble ini hanya terdiri dari 2 episode OVA. Dan, nggak ada lisensor untuk distribusi di luar Jepang.

Berawal dari iseng ceklak-ceklik di Amazon.co.jp nyari-nyari OST-nya Oregairu, Gigit kemudian dapet ilham buat nyari School Rumble 3rd Semester. Dari yang Gigit tahu, musim ketiganya ini adalah OVA, jadi nggak pernah ditayangin di TV. Sedangkan, fansubnya udah banyak edar di Internet sejak bertahun-tahun lalu. So, komunitas fansub dapet videonya dari mana coba kalo bukan dari media seperti DVD atau BD? Makanya, Gigit pun nyari-nyari.

Dulu pernah nyari, tapi kurang gigih dan caranya (kayaknya) salah. Makanya, ga nemu-nemu. Baru sekarang nemunya.

Dan ternyata, 2 episode OVA itu termasuk dalam paket pembelian komik School Rumble volume 21 dan 22 edisi terbatas! Jadi, komik volume 21 ada bonus DVD untuk OVA pertama. Sedangkan komik volume 22 (volume terakhir), ada bonus DVD untuk OVA kedua. Untuk rilisan Jepang, loh, ya. Jepang. Bukan terbitan Indonesia.

school-rumble-komik-plus-dvd-ova-3rd-semester-amazon-japan
Setelah sekian lama, akhirnya nemu juga season ketiga anime School Rumble^^

Hm…, kalo dipikir-pikir, sayang rasanya kalo nggak dikoleksi. Volume 21 dulu, deh. Lain kesempatan baru volume 22. Pilih yang second biar murah meriah. Yang penting, dapet DVD-nya. Kalo komiknya…, bisa beli di Gramedia. Pun rencananya Gigit juga mau ngelengkapin seri komik School Rumble. Mungkin, satu atau dua tahun ke depan.

Yes, Gigit nambah titipan lagi sama Titip Jepang di pertengahan Juni kemaren. Beberapa hari setelahnya, udah nyampe di gudang Jepang. Terus, pertengahan Juli udah di Indonesia.

anime-haul-201706-dirgita-school-rumble-3rd-1-titip-jepang-amazon-jp
Episode pertama musim ketiga telah merapat. Perasaan, Gigit pesen yang bekas, deh. Tapi yang dateng masih dibungkus rapat. Apa dibungkus ulang sama seller-nya, yah? Masih kinclong, loh^^

Karena titipan kedua Gigit yang Plastic Memories itu rada macet, sedangkan Gigit pengen ada bahan buat bikin konsep tulisan ini, akhirnya pesenan pertama dan ketiga (yang ini) Gigit minta kirim duluan.

komik-school-rumble-21-bonus-dvd-3rd-semester-eps-25
Pantes aja kotaknya gede. Isinya lumayan rame. Dari atas ke bawah itu ada komik (yang sama sekali ga bisa Gigit baca), boks DVD dan DVD-nya, trus boksnya boks DVD, dan terakhir boks untuk semuanya^^
Anime keempat: Spice and Wolf edisi komplit musim 1 dan 2 (BD plus DVD).

Atau judul aslinya Ookami to Koushinryou. Kalo ga salah, ceritanya tentang hubungan antara pria manusia dan wanita siluman serigala. Ng…, atau dewi serigala, ya? Au, ah! Gigit sendiri belum pernah nonton utuhnya, tapi dari cuplikan-cuplikan di YouTube, sama review yang beredar, kayaknya ada manis-manisnya gitu. Hihi.

Makanya, sewaktu nemu judul anime ini sekitar April lalu, Gigit tandain aja masuk wishlist. Eh, tau-tau, pas di hari terakhir bulan Juni kemaren, Amazon.com ngadain sale mendadak untuk tiga judul anime rilisan Funimation. Salah satunya, ya, Spice and Wolf.

amazon-24-hour-deal-funimation-20170630
Cuma tiga judul ini yang kena sale di akhir Juni kemaren. Dari ketiganya, dua yang kanan masuk wishlist Gigit sejak April. Eh, tau-tau kena diskon. Diskonnya beneran bikin susah napas^^

Andaikan diskonnya nggak gede-gede amat, Gigit mungkin ga akan tertarik. Tapi…, ini…, sungguh sayang untuk dilewatkan begitu aja. Dan tambah sayang lagi, Gigit cuma bisa mengamankan satu dari tiga judul yang lagi diskon itu. Harap maklum. Udah di akhir bulan. Pas banget di tanggal 30. Celengan lagi kritis-kritisnya. Hiks…~.~

Jadilah Gigit nggak pesen My Hero Academia karena nggak masuk wishlist Gigit. Gigit nggak begitu kenal dengan judul itu. Lagi pun, harganya yang paling tinggi dari ketiganya. Gigit juga nggak ngambil Steins;Gate padahal masuk wishlist dan sekilas yang paling murah. Tapi begitu masuk shopping cart, justru Spice and Wolf yang paling murah. Entah kenapa, kalo beli Spice and Wolf, Gigit dapet potongan lagi sebesar 2,07 USD, sedangkan yang laen nggak. Hahai!

Ini untuk kedua kalinya, Gigit pesen anime langsung dari Amazon.com. Kali ini pun pake pengiriman standar biar hemat. Gigit juga pengen liat konsistensi pengirimannya. Apakah tetep kayak kemaren sekitar 4 mingguan? Ataukah lebih lama lagi kali ini?

Dengan perburuan kali ini, Gigit tahu kalo Amazon.com itu pengirimannya bisa gonta-ganti. Walau sama-sama pengiriman standar, pesenan Gigit bulan Mei lalu dikirimnya pake IMEXX Global Solutions, sedangkan kali ini pake UPS i-Parcel. Lalu, pesenan di bulan Juli pake IMEXX lagi. Kita nggak bisa milih pake yang mana. Amazon.com yang nentuin~.~

Ada tracking, tapi ga update lagi begitu transit. Sama kayak kejadian IMEXX bulan Mei kemaren.

Well, perkiraan datengnya, sih, sekitar akhir Juli sampe pertengahan Agustus. Sedangkan yang terjadi, Gigit pesen di akhir Juni, dikirim di hari yang sama (waktu Amazon.com), dan datengnya pas di tanggal 1 Agustus. Barengan dengan diskonan anime bulan Juli yang cuma beda beberapa minggu Gigit pesen setelahnya, dan juga barengan dengan titipan Gigit di Titip Jepang (pesenan pertama dan ketiga). Bisa dibilang, 4 minggu lewat dikit, lah^^

anime-haul-201706-dirgita-spice-and-wolf-amazon-com
Boksnya lumayan gede dan berat. Maklum, isinya 4 keping BD dan 4 keping DVD. Untung ongkirnya Amazon itu pake tarif flat^^
boks-bd-spice-and-wolf-retak-dirgita
Nggak tahu, deh. Mungkin udah dari sananya begini. Karena dibungkus dalam boks kertas, retaknya ga keliatan. Boks kertasnya sendiri dalam kondisi mulus tanpa lecet. Begitu boks kertasnya dibuka, maka nampaklah retaknya^^
boks-bd-spice-and-wolf-retak-dijahit-dirgita
Dengan sedikit keahlian jahit, boksnya kembali utuh. Hihi^^
anime-haul-201706-201707-20170701-datang-bersama
Spoiler dikit, ah. Diskonan pertama, ketiga, dan keempat bulan Juni, serta diskonan pertama dan kedua bulan Juli datengnya barengan di tanggal yang sama. 1 Agustus 2017. Keakraban di bulan Mei kemaren, berlanjut di bulan Juni^^

Eh, iya. Nyambil nungguin animenya dateng kemaren, Gigit iseng-iseng nyari scene romantis Spice and Wolf di YouTube. Eh, ternyata nemu full episodes langsung dari Funimation.

Setelah nonton beberapa episode, ternyata emang bener. Ada manis-manisnya. Jadi ga sabar nungguin BD-nya nyampe (sekarang, sih, udah nyampe)^^

Jadi, gimana?

Begitulah. Diskonan yang Gigit dapet di bulan Juni kemaren cuma segitu. Tapi, eksperimennya bisa dibilang lancar, walau ada sedikit hambatan.

Kalo dirangkum, ceritanya jadi kayak begini.

  1. Awal Juni, Gigit pesen BD Arata Kangatari volume 1, 3, dan 4 yang kena diskon abis-abisan di Amazon.co.jp via Titip Jepang. Awal Juli, pesenannya nyampe Indonesia. Dan di awal Agustus, nyampe ke tangan Gigit. Kurang lebih, perlu waktu 8 minggu.
  2. Semingguan setelah anime pertama, Gigit pesen BD Plastic Memories volume 1, bekas pekai, di Amazon.co.jp, via Titip Jepang. Karena satu dan lain hal, sampe sekarang belum nyampe-nyampe (akan di-update kalau udah nyampe atau ada kabar terbaru).
  3. Selang hampir seminggu kemudian, Gigit pesen lagi. Kali ini komik plus DVD School Rumble 3rd Semester episode yang pertama (komik volume 21), di Amazon.co.jp, via Titip Jepang. Nyampe Indonesia di pertengahan Juli. Sampe di Gigit di awal Agustus, barengan dengan pesenan pertama. Kurang lebih, perlu waktu 7 minggu.
  4. Pas di hari terakhir bulan Juni, Gigit pesen BD plus DVD Spice and Wolf edisi lengkap musim pertama dan kedua dari Amazon.com. Mandiri. Dikirim pada hari yang sama (waktu Amazon.com), dan nyampe di Gigit di awal Agustus 2017. Kurang lebih, perlu waktu 4 minggu.

Yups! Sampai jumpa di diskonan selanjutnya. Jangan lupa menabung, ya?^^

Buat yang kepo.
Iklan

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

2 thoughts on “Gigit Curhat: Diskonan Anime Juni 2017”

  1. Gigit, kayaknya judul-judul yang dikoleksi beneran karena alasan pribadi semua ya? Bukan karena kualitas, tapi murni karena sentimentil. >_<

    1. Hihi, iya! Semuanya murni karena alasan sentimentil. Ga peduli kata orang animenya jelek, jadul, atau nggak populer. Kalo kena di hati (atau lagi khilaf), ya, Gigit koleksi^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s