Gigit Curhat: Diskonan Anime Agustus 2017

Ini semua gara-gara Nisekoi!~.~

Iklan

Hai, hai, haaaaai!

Ketemu lagi dengan Gigit. Dalam acaraaaaa…, eh! Dalam curhataaaaan… “Diskonan Anime Bulan Agustus Tahun 2017”!

Ayeeeee!

Uhum!

Sebenernya, ya, Gigit nggak ada niatan buat nyari diskon di bulan Agustus. Yah…, mengingat celengan Gigit yang udah kandas sekandas-kandasnya. Pun judul-judul yang udah Gigit rencanain buat diambil di bulan Agustus akhirnya dipercepat di bulan Juli.

Tapi dasar tangan iseng, di suatu malam Minggu yang agak mendung, mainlah-mainlah Gigit ke situsnya Amazon.co.uk. Di situlah Gigit dikasih tahu, kalau anime yang udah lama Gigit tandain, sekarang statusnya out of stock!

What? Whaaaaat? Whaaaaaaaaaat?

Eh, apa hubungannya, coba?^^

Baiklah, ga usah berpanjang-panjang–tapi akhirnya panjang juga. Mari kita buka dengan kisah pertama.

(Sempet ga jadi) diskonan pertama: Nisekoi Season 1 Part 1 dan 2 (BD).

Inilah anime yang ngebikin Gigit agak kaget di malam Minggu itu. Soalnya, kan, udah lama Gigit incar. Dulunya ditandain emang karena iseng, sih. Tapi semenjak Gigit nonton Nisekoi di Animax via Genflix, Gigit jadi kepengen buat koleksi. Lebih-lebih, harganya di Amazon.co.uk yang bisa dibilang paling bersahabat dengan kantong.

Meski begitu, selama ini Gigit masih lebih mentingin khilaf download atau yang mendadak kena diskon lupa daratan. Oleh karenanya, anime ini Gigit anggurin sedemikian rupa.

Ada dua season Nisekoi yang Gigit tandain. Masing-masing season punya dua part. Nah, yang paling bersahabat harganya, tuh, season pertama. Tapi sayangnya, setelah sekian lama Gigit incar, malem itu Gigit harus nerima kenyataan kalau part 1-nya udah abis (out of stock), sedangkan part 2-nya tinggal sisa satu-satunya. Selama ini, Gigit nggak ngeh kalau stoknya tinggal dikit. Aduh-aduh…~.~

Gigit pun dalam dilema. Kalo dibiarin, takut begitu stoknya balik, harganya malah naik. Mau diambil, tapi celengan lagi ga ada isinya.

Sejurus kemudian, Gigit nemu tulisan yang intinya “Amazon UK nggak akan nge-charge kalau produknya belum ada atau belum bisa dikirim”. Naaaaah!

Di situlah Gigit dapet ide konyol. Gimana kalo Gigit pesen sekarang aja? Sabodo, lah, rekening isinya antara ada dan tiada. Kan, stoknya udah jelas: KOSONG! Ga mungkin, kan, dikirim di hari itu juga? Kan? Kaaan? Kaaaaan? Yang penting, Gigit udah nge-lock stok dan harga buat Gigit. Siapa tau pas stoknya balik, isi celengan Gigit juga udah balik.

Hehe! Hehehe! Hehehehehehehe! Ide cemerlang!

Maka, jadilah Gigit pesen dua-duanya sekaligus di Minggu pagi yang ceria. Gigit pilih pengiriman standar dengan opsi penggabungan. Dengan begitu, pesenan Gigit baru dikirim kalau produk yang udah abis itu udah ready stock lagi. Kalau udah siap dikirim, baru Gigit kena tagih. Kan, tujuan utama Gigit emang gitu. Amankan sekarang, tapi bayarnya belakangan. Ha ha ha ha!

Tapi ternyata, besok paginya lagi Gigit dapet surat cinta dari Amazon UK. Katanya, pembayaran Gigit ditolak. Disuruh ganti metode pembayaran.

your-payment-has-declined-nisekoi-amazon-uk-dirgita
Kaget Gigit nemu email-nya pagi-pagi~.~

Eh? Kok, gituuuuu? Kan, baru ditagih kalo barangnya udah ada. Kok, gitu, siiiiiiiiiih?

Gigit curiga, kan. Gigit cek lagi stok barangnya. Eh? Ternyata udah ready lagi. Asem! Gigit dikerjain! Kirain seminggu atau dua minggu lagi baru ada. Rupanya, besoknya udah ada lagi! Aih, aih…~.~

Ya, udah. Gigit batalin aja pesennya. Dipaksaian juga celengan lagi menderita. Nanti kalau stoknya udah nyaris habis lagi, baru Gigit pesen lagi. Ide cemerlang, bukan? Banget^^

Inget, loh. Meski gagal kena charge sebesar yang harus dibayar, saldo di rekening Gigit tetep kena potong biaya admin 17 ribuan rupiah! Kurang lebih, itu sama dengan 1 GBP (poundsterling).

Pengalaman konyol di atas tetep Gigit tulis di sini. Siapa tau ada yang punya niat kayak Gigit juga. Tapi sebelum ngelakuin hal yang sama, mohon pertimbangkan pengalaman Gigit barusan. Kalau masih nekad juga, ya…, semoga lebih beruntung dibanding Gigit^^

Tapi kemudian alhamdulillah, Gigit dapet rezeki di akhir bulan Agustus. Khawatir kalo-kalo harganya bakal naik di bulan September nanti, segera aja Gigit amankan Nisekoi musim pertama, baik part 1 maupun 2-nya.

Akhir Agustus Gigit pesen. Dikirimnya baru seminggu kemudian, di minggu pertama bulan September. Gigit sampe nanyain ke CS apa ada masalah sama pesenan Gigit sampe ngendon seminggu nggak dikirim-kirim? Teruuuuus aja statusnya “preparing for dispatch“. Nggak biasanya, lho, Amazon kek gitu. Beberapa jam kemudian, CS-nya bales buat ditindaklanjuti, terus besok paginya status pesenan Gigit udah terkirim^^

Perkiraan nyampenya, sih, sekitar dua minggu kemudian, atau sekitar pertengahan September. Tapi sampe Gigit nerbitin tulisan ini, hampir sebulan dari tanggal yang ditentuin, pesenan Gigit masih belum nyampe juga. Nggak tau, deh, kenapa yang kali ini lama banget. Jadi inget kisah sama Oreimo yang 2 bulan baru nyampe, tapi Hataraku Maou-sama! cuma perlu 3 minggu~.~

Kalau ada perkembangan, nanti Gigit update lagi.


Just curious. Minggu pertama Oktober, sewaktu tulisan ini masih konsep. Udah masuk minggu ke-4 sejak pesenan Gigit statusnya dikirim, tapi sampe sekarang masih belum keliatan juga. Sedangkan pesenan Gigit dari Amazon US dan Right Stuf Anime yang pesennya belakangan dari Amazon UK udah dateng duluan 2 minggu sebelumnya.

Karena dari awal kayaknya udah ada masalah, Gigit jadi gemes pengen curhat lagi sama CS-nya. Gigit hubungin Amazon UK dan ngasih tahu kalo pesenan Gigit belum nyampe. Padahal ngeliat pesenan sebelumnya, lumayan cepet. Gigit cuma minta satu hal, expected date untuk pesenannya tiba ditambah jadi 2 minggu lagi sampe pertengahan Oktober. Gigit mau nunggu dulu, baru kemudian ambil tindak lanjut. Gigit pernah ngalamin di Amazon US. Nggak perlu diminta, expected date-nya diperpanjang sendiri sama Amazon, padahal pesenan Gigit udah nyampe.

Tapi…, entahlah. Bukannya expected date yang Gigit harapkan diperpanjang. Eh, malah dikasih orderan baru!

“Bukan itu yang Gigit mau!” jerit Gigit dalem hati begitu baca balesannya. Karena…, emang bukan itu yang Gigit pinta! Walau nggak bayar sepeser pun, tapi itu malah bikin Gigit bingung. Kalo dua-duanya dateng, Gigit mesti ngapain? Katanya, terima yang duluan dateng, trus tolak buat paketan yang kedua. Kesian Pak POS yang nganterin, dong? Hadeuh…~.~

“Terlalu baik” itu jatoh-jatohnya bisa “nyeremin” juga ternyata.

Sekarang, Gigit berdoa, semoga salah satunya beneran nggak dateng sama sekali! Biar nggak ngerepotin Pak POS!


24 Oktober 2017, akhirnya pesenan Gigit dateng juga. Dari tanggal yang ada di struk, ternyata ini pesenan tanggal 30 Agustus 2017 yang lalu, pesenan pertama Gigit yang seharusnya udah dateng pertengahan September kemarin. Dengan begini, BD Nisekoi dari UK yang Gigit pesen kurang lebih perlu waktu sekitar 7 minggu.

anime-haul-201708-dirgita-nisekoi-season-1
Setelah nyaris dua bulan dan sempet nggak jadi dipesan, akhirnya sampe juga. Syukurlah…~.~
anime-haul-201708-dirgita-nisekoi-season-1-bonus-postcard
Kok, kemasan BD-nya rada berat, ya? Padahal berdasar info, masing-masing boks isinya cuma 1 cakram. Eh, ternyata ada bonus postcard di dalem^^

Ng…, kayaknya kalo dari UK, kecepatan pengirimannya suka angin-anginan. Sekarang, berharap pesenan pengganti yang dibikin sama CS kemaren nggak dateng-dateng.

Diskonan kedua: Ground Control to Psychoelectric Girl (BD/DVD) dan Hal (BD/DVD).

Sekitar April lalu, Gigit dikasih rekomen sama YouTube cuplikan anime dengan tokoh perempuan yang aneh–digulung tilam kayak kue dadar–lagi makan pizza. Betapa shock-nya Gigit ngeliat adegan itu. Tapi ternyata, satu adegan itu — Erio Touwa makan pizza dengan teknik terlarang — rupa-rupanya bisa bikin Gigit khilaf buat nge-download seluruh serinya. Anime aneh itu judul aslinya Denpa Onna to Seishun Otoko, atau versi Inggrisnya Ground Control to Psychoelectric Girl. Dan mulai sejak itu, anime ini Gigit tandain BD-nya buat dikoleksi.

denpa-onna-to-seishun-otoko-erio-touwa-eat-pizza
Apa ini yang barusan Gigit tonton? Satu adegan ini bikin Gigit khilaf buat ngunduh seluruh seri. Hihi. Videonya ada di https://www.youtube.com/watch?v=_EWO4FkoJCI&t=33s^^

Tapi, ada satu masalah. Harganya lumayan tinggi dan jarang kena sale. Kalau pun iya, potongannya kurang menyilaukan atau sewaktu Gigit punya prioritas lain. Apalah daya juga bagi Gigit yang celengannya bocor mulu~.~

Hingga akhirnya, beberapa hari setelah Gigit dikerjain sama stok Nisekoi di Amazon UK, RightStufAnime.com ngadain sale dengan diskon hingga 32%! Nggak semuanya kena diskon, sih. Tapi karena udah jadi tradisi, Gigit selalu ngecek apakah anime yang Gigit tandain termasuk dalam diskon? Salah satunya tentu aja si Cewek Sinyal (denpa onna) itu.

Eh, tau-taunya iya!

Meskipun diskonnya nggak full 32% (karena up-to), tapi tetep bikin Gigit kalap. Gigit pun terpaksa ngumpulin receh. Syukur aja celengan Gigit sewaktu ngisengin Nisekoi masih kosong. Coba kalo ada isinya, bisa nangis bombay Gigit begitu nemu diskonan ini^^

Dikit demi dikit, recehnya akhirnya ngumpul juga. Tapi…, tetep ada yang mengganjal. Gigit selalu ngerasa mubazir kalau cuma belanja satu item di Right Stuf Anime. Ongkirnya secara sekilas emang lebih tinggi ketimbang Amazon, tapi kalau belanja banyak di Right Stuf Anime, kadang-kadang, malah bisa lebih hemat karena sistem ongkirnya yang berbeda itu.

Jadilah Gigit mikir, mau nambah apa lagi, ya? Yang pasti, harus anime dan beratnya nggak gede-gede amat, supaya ongkirnya nggak nambah. Harganya juga harus lumayan terjangkau, tapi temanya juga harus yang klik di hati.

Di situlah Gigit mutusin buat meminang Hal. Sebuah film kartun Jepang yang berkisah tentang sesosok robot yang dikasih tugas buat mengambil hati seorang gadis yang sedang terpuruk karena kepergian kekasihnya. Sewaktu Gigit nulis konsep ini, Gigit belum nonton utuhnya gimana. Meski begitu, udah cukup lama juga Gigit tandain karena tertarik sama ceritanya itu.

Kebetulan, Gigit juga lagi bikin novel dengan tema serupa. Kayaknya, ga ada salahnya buat nambah referensi. Pun, Hal juga masuk diskon yang 32%. Horeeeee!

Gigit pesan kedua judul itu sekitar tanggal 20-an Agustus. Karna ada jadwal pengiriman, pesenan Gigit ngendon dulu kurang lebih empat hari kemudian baru dikirim. Dan kurang lebih seminggu sebelum September berakhir, tepat di hari Sabtu, keduanya nyampe dengan selamat. Diskonan yang kedua, dateng pertama kali^^

anime-haul-201708-dirgita-denpa-onna-hal
Merapaaaaat! Begitu dateng, Hal the Movie langsung Gigit tonton malem harinya buat ngisi jadwal malam Mingguan^^

Dengan begini, khilaf download Gigit telah berkurang, sisa 6 judul lagi. Ayeeeee!^^

Diskonan ketiga: Arata Kangatari volume 5 dan 6 (BD).

Demi ngelengkapin set anime Arata Kangatari, Gigit udah nandain tiga volume BD-nya yang belum dikoleksi (2, 5, dan 6). Dan tak lama setelah itu, Gigit dapet notif kalau harganya turun. Lagi, lagi, dan lagi. Dalam seminggu bisa tiga kali turun^^

Semula, sih, Gigit anteng-anteng aja. Tapi begitu nyadar kalau seller untuk volume keenam tinggal dikit (tinggal 4 seller aja kalo ga salah), Gigit jadi bingung sendiri. Belum lagi, yang harganya paling murah juga tinggal satu. Yah, walaupun cuma used item.

Akhirnya, Gigit coba-coba lagi ngumpulin receh. Setelah ngumpul dan diitung-itung, ternyata juga cukup buat pesen volume yang kelima (yang waktu itu harganya separuh harga volume keenam). Sama-sama barang bekas pakai, sih. Tapi, ga masalah, lah. Yang penting, BD-nya masih bagus dan bisa diputer^^

Karena seller yang Gigit pilih itu nggak bisa ngirim ke Indonesia langsung, ya, Gigit pake jasa Titip Jepang lagi. Eh, rupa-rupanya Titip Jepang juga lagi ada promo kayak bulan Juli kemaren. Ada rate khusus, jadinya malah lebih murah lagi ketimbang perkiraan Gigit. Asiiiiik!

Gigit pesennya selang sehari setelah diskonan kedua di atas. Seminggu kemudian, baru nyampe gudang Jepang di awal September. Nyampe di gudang Jogya kurang lebih dua hari lagi sebelum Oktober. Karena waktu itu Gigit ga ada pesenan lain, ya, Gigit minta dikirim langsung aja ke Gigit.

anime-haul-201708-arata-kangatari
Volume 5 dan 6 udah sampe. Selanjutnya, kita cari volume 2^^

Dan…, tralala! Menjelang pertengahan Oktober udah landing di tangan dengan selamat. Diskonan ketiga, dateng urutan kedua. Sekarang, Gigit tinggal ngelengkapin volume keduanya^^

Jelas-jelas bukan diskonan anime: Wo Ai Ni Indonesia (VCD).

Ya, iyalah. Ini bukan judul anime. Dan juga bukan diskonan. Karena sewaktu Gigit beli, harganya dua kali lipat harga normal (belom lagi ongkirnya). Sengaja Gigit tulis di sini, biar selingan aja. Hahaha!^^

Yang udah menikmati udara dunia dan udah bisa nonton TV tahun 2004 silam, kemungkinan besar pernah nonton FTV yang satu ini. FTV yang dibintangi sama mantan artis cilik nasional Leony Vitria Hartanti dan diputar dalam masa perayaan Imlek tahun 2004 lalu. Cukup berkesan bagi Gigit. Kenapa? Karena lokasi pengambilan gambarnya di beberapa tempat di Kalimantan Barat.

Jadi ceritanya, malem itu Gigit lagi mumet gara-gara kurang enak badan. Karena ga bisa mikir kerjaan, Gigit kemudian nyari-nyari PO (pre-order) anime. Menurut desas-desus, banyak diskonan di kala PO-an. Ternyata, emang bener. Dan karena itulah, kepala Gigit tambah mumet.

Supaya ga mumet-mumet amat, Gigit selingin nonton film Battleship yang kebetulan lagi tayang di Global TV, diselingin juga minum paracetamol 500 mg. Kalo diinget-inget, karena jarang banget nonton TV, udah berkali-kali Battleship tayang, udah berkali-kali juga nggak pernah selese Gigit tonton. Termasuk kali ini. Iseng, Gigit pun nyari-nyari di situs streaming. Ntah karena keyword-nya salah atau emang ga ada, sama sekali ga nemu baik di Iflix, Genflix, atau HOOQ.

Putus asa, tiba-tiba aja kepikiran sama judul FTV yang dibintangin Kak Leony itu. Gigit ketik aja judulnya di Google. Eh, nemu ada yang jual VCD-nya di BukaLapak. Yah, walaupun bekas. Itung-itung nostalgia, segera aja Gigit pesen. Hihi.

vcd-wo-ai-ni-indonesia-dirgita
Eh, ada Kak Leony^^

Malem Seninnya Gigit pesen, besoknya dikirim. Pake POS. Hari Sabtunya nyampe. Ini pesenan yang ketiga, tapi yang paling pertama dateng. Karena bukan anime, nggak masuk itungan^^

(Akhirnya batal) diskonan keempat: Your Name (BD/DVD).

Mumet malem sebelumnya gegara PO (pre-order), ternyata berlanjut keesokan hari. Selain karena diskon yang menggiurkan, Gigit juga dibuat pusing karena tanggal rilisnya ada yang deketan. Itu artinya, kalau Gigit pengen dua-duanya, Gigit harus pesen dua-duanya. Itu artinya lagi, Gigit harus nyiapin isi celengan dobel.

Yang Gigit maksud, tuh, PO-an anime di Amazon. Kebetulan sewaktu hunting, Gigit nemu beberapa anime yang diskon PO-nya lebih menggiurkan di situ, ketimbang di Right Stuf Anime. “Beberapa”, ya. Itu artinya ada juga diskon PO yang jauh lebih menggiurkan di Right Stuf Anime, ketimbang di Amazon. Ya…, tinggal selera aja pengennya yang mana.

Tapi sementara ini, Gigit milih Amazon dulu. Gigit mau nyoba buktiin janji-janjinya sewaktu pilkada (?). Katanya, kalo PO di Amazon, trus harganya turun di antara waktu kita PO dan sebelum rilis, kita bakal dapet harga yang paling murah. Udah gitu, celengan kita bakal didebet kalo udah waktunya mau dikirim. Itu artinya, Gigit bisa place order meski lagi krismon. Selagi belom rilis tentunya.

Kalo dipikir-pikir, bulan Agustus ini kayaknya Gigit lebih banyak uji coba belanja sewaktu celengan kempes, ya? Ini gara-gara Nisekoi!^^

Konflik batin gegara tanggal rilis yang dempet itu akhirnya dapet Gigit selesaikan. Selanjutnya, tinggal uji coba. Ironisnya, Gigit kemudian uji coba bukan dengan anime yang rilisnya barengan itu. Tapi anime lain yang rilisnya malah jauuuuuh sesudahnya. Yaps, itulah Your Name alias Kimi no Na Wa.

Gigit kayaknya kemakan hype beberapa waktu lalu. Banyak seliweran kabar angin, katanya Kimi No Na Wa itu film animasi Jepang yang kece badai. Gigit, sih, ga peduli sekece apa, yang penting cocok apa nggak dengan selera Gigit. Dan setelah nyari-nyari info, kayaknya cerita Your Name bisa bikin baper berhari-hari^^

Gigit pesen yang US. Kalau yang JP, sih, udah dulu-dulu rilisnya. Mengapa Gigit nungguin yang US? Karena Gigit nungguin versi dubbing Inggris yang dikerjain sama Funimation^^

Your Name katanya akan rilis 7 November 2017 nanti. Di Right Stuf Anime (RSA), harganya setelah diskon cuma 25-an dolar. Sedangkan di Amazon, agak lebih tinggi, 26-an dolar. Gigit nggak pilih RSA, karena di RSA Gigit pake PayPal. Yang mana PO pake PayPal berarti mesti bayar duluan (kalo ga salah). Gigit, kan, lagi bokek. Lagi pun, ongkir awal di RSA sama aja dengan ongkir dua produk di Amazon. Sedangkan waktu itu, Gigit cuma kepikiran buat pesen satu judul. Nggak papa, deh, kalah di harga PO. Seenggaknya, masih menang di ongkir. Itu pertimbangan Gigit^^

Selain itu, Gigit ngarep banget kalo-kalo nanti harga PO di Amazon bakal turun. Siapa tahu, kan, Amazon khilaf. Semula 26-an dolar, malah jadi 16-an dolar. Hehehe. Kalo di RSA, mah, stabil. Kecuali kalau tiba-tiba RSA ngadain promo atau Gigit nemu alesan baru buat pindah ke RSA.


Harapan Gigit semoga Amazon khilaf, akhirnya beneran nyaris terwujud di bulan Oktober.


Oh iya, ada satu lagi yang pengen Gigit coba di Amazon. Gift Card Balance. Fitur ini mirip-mirip BukaDompet di BukaLapak atau Saldo Tokopedia. Gigit pengen tahu cara pakenya dan bisa nggak buat pre-order?

Rencananya, Gigit pengen nabung saldo di balance-nya Amazon. Trus, nanti bayar PO-nya pake sistem campuran Gift Card Balance dan juga kartu debit. Kalo perlu, murni pake Gift Card Balance. Kenapa mesti begitu? Buat jaga-jaga aja. Siapa tau nanti Gigit kalap nemu diskonan, tapi tagihannya di luar batas limit per harinya kartu debit yang Gigit pake.

Gigit pun pesen Your Name sebagai PO di akhir Agustus. Pertama-tama, Gigit masukin aja pembayarannya pake kartu debit. Trus setelah berhasil dipesen, Gigit nyoba ngisi saldo gift card-nya Amazon. Sebagai uji coba, Gigit isi 5 dolar dulu. Dalam masa-masa kritis begini, itu udah kebanyakan~.~

gift-card-balance-po-your-name-amazon
Klik aja “Apply”, maka saldo gift card-nya bakal kepake. Katanya, kalo saldonya masih kurang buat nebus tagihan, maka Amazon akan narik sisanya dari kartu kedit/debit yang terdaftar.

Trus, Gigit balik lagi ke detail orderan. Di situ, muncullah opsi buat pake saldonya gift card. Untuk sementara, Gigit tahan dulu. Ntar kira-kira seminggu atau dua minggu sebelum rilis, baru Gigit pake. Itu pun kalo nggak di-cancel.


Dan…, menjelang akhir September, akhirnya PO ini Gigit cancel. Saldo gift card yang udah terlanjur Gigit isi diterusin ke diskonan kelima di bawah. Ini bukan karena Gigit tiba-tiba nggak suka Kimi No Na Wa, tapi karena kesehatan celengan Gigit yang lagi nggak memungkinkan. “Uhuk-uhuk!” gitu~.~

Lain kali aja, deh^^


Diskonan kelima: Amagami SS/SS+ Complete Collection (BD) dan Steins;Gate (BD/DVD).

Jadi…, keisengin Gigit berlanjut. Gigit nyobain PO rilisan BD Amagami versi komplit. Jadi, ada dua season dalam satu rilisan BD. Selama ini, kan, yang ada rilisan season 1 (SS) dan season 2 (SS+) dipisah-pisah. Gigit tahu Amagami sewaktu Mei kemaren Right Stuf Anime ngadain Garage Sale. Dari info yang beredar, katanya Amagami ini “satu napas” dengan KimiKiss. Makanya, Gigit tertarik. Cuma…, meski duluan tahu Amagami, justru KimiKiss yang duluan Gigit ambil. Kenapa? Karena yang paling murah waktu itu, ya, KimiKiss.

Akhirnya, tibalah waktu di mana Sentai Filmworks (yang pegang lisensi Amagami di Amerika sana) ngerilis versi lengkapnya sekaligus. Entah kenapa baru sekarang. Tanggal rilisnya 10 Oktober 2017, tapi PO udah dibuka beberapa bulan sebelumnya. Dan sebagaimana PO, suka ada diskon. Termasuk yang ini. Di Right Stuf Anime, diskonnya kurang lebih 34%. Sedangkan di Amazon, sewaktu Gigit nulis konsep ini, kena 37%!^^

Hehe. Jelas Gigit jadi pengen iseng lagi. Tapi…, kalo cuma PO, kan, udah tadi sama Your Name di atas. Ng…, gimana kalo Gigit tambahin aja dengan anime yang bukan PO?

Maka, Gigit pun ngambil BD/DVD Steins;Gate yang akhir bulan Juni lalu kena diskon lupa daratan, tapi ga jadi Gigit ambil karena lagi krismon. Setelah sempet harganya melambung normal, sekarang turun lagi nyaris nyerempet harga diskon bulan Juli lalu. Beda-beda tipis, sih. Makanya, kayaknya ini bakal jadi pasangan iseng-iseng berhadiah yang serasi. Gigit, sih, belum tahu ceritanya gimana. Tapi kata orang-orang, ceritanya lucu tapi tragis.

Cuma selang sehari dari PO Your Name sebelumnya, Gigit kemudian masukin Amagami sebagai PO kedua, sekaligus Steins;Gate sebagai pendamping. Ini jadi kayak kejadian Nisekoi, di mana salah satu item yang Gigit pesen stoknya masih belum ada. Di pengiriman, Gigit minta keduanya sebisa mungkin digabungin. Jadi, ngikut yang pengirimannya paling lama. Dengan begitu, Gigit berharap kena charge-nya nanti-nanti. Paling cepet, mungkin di akhir September.

Nah, selama nungguin itu, Gigit juga berharap semoga aja bisa ngumpulin receh buat nyicil ngisi saldo gift card di Amazon. Ntar, saldonya buat bayarin PO. Kalo seandainya nanti berakhir tragis kayak Nisekoi, atau Gigit ga berhasil ngumpulin receh, ya…, mau ga mau, Gigit batalin salah satunya, atau kedua-duanya~.~

Tapi kemudian, Gigit udah ga bisa batalin kedua-duanya. Tiba-tiba aja menjelang hari terakhir Agustus, Steins;Gate masuk tahap siap-siap buat dikirim.

steins-gate-amazon-preparing-for-shipment.jpg
Appppaaaaaaaaaaaah?~.~

WHAAAAAT? Itu artinya, celengan Gigit udah kena charge, dong? Kok, bisa? Kan, Amagami-nya masih belum rilis. Kan, seharusnya kena limit! Kalo kena charge, kan, seharusnya gagal kayak Nisekoi! Kok, bisaaaaaaaaaa?

Segera aja Gigit buka celengan. Dan benar, saldonya–sisa dari mengamankan Nisekoi–udah kena potong. Tapi, kok, nggak segede seharusnya, ya? Ternyata, Amazon cuma ngambil jatah buat ngirim Steins;Gate dengan ongkir dibagi dua. Pantes aja ga kena limit. Dan tepat di tanggal 1 September kemaren, anime ini dikirim ke alamat Gigit dengan perkiraan nyampe di minggu pertama Oktober. Nyatanya, Steins;Gate dateng barengan sama-sama diskonan kedua di atas. Jadi, lebih cepet dua minggu dari perkiraan!


Beberapa hari setelah BD Steins;Gate dateng, Gigit baru tahu ternyata serial ini punya episode alternatif. Episode ini nge-link ke serial alternatifnya dengan judul Steins;Gate 0 yang masih belum tayang. Katanya, sih, bakal tayang 2018 nanti.

Masalahnya, sampe Gigit nulis ini di awal Oktober 2017, episode alternatif yang punya julukan Episode 23 (β) itu termasuk episode eksklusif. Satu-satunya cara buat dapetinnya cuma dengan koleksi Steins;Gate Complete Blu-ray Box yang harganya…, aduh…~.~


anime-haul-201708-dirgita-steins-gate
Tega banget, deh. Steins;Gate mlipir duluan, ninggalin para heroine di Amagami~.~
anime-haul-201708-dirgita-steins-gate-rasio-spice-and-wolf
Kedatangan Steins;Gate ngelengkapin dua judul anime dari Funimation yang sempet kena flash sale di akhir Juni lalu. Dengan jumlah disk yang sama, boks Steins;Gate dan Spice and Wolf jelas-jelas juga punya ukuran yang sama makmurnya^^
anime-haul-201708-dirgita-hal-denpa-onna-steins-gate
Tiga judul ini datengnya barengan di urutan pertama^^

Yah…, apa boleh bulat. Kayaknya, emang susah mengharapkan produk yang udah rilis dengan produk PO dikirimnya barengan, apalagi tanggalnya masih jauh–kurang lebih 40 hari. Sekarang, kalau Gigit mau cancel, cuma bisa cancel Amagami. Tapi, semoga aja itu nggak perlu dilakuin, dan semoga aja Amagami kena tambahan diskon lagi.

Dan…, Gigit pun kemudian sadar. Ternyata, Gigit udah kena “kerjain” sama Amazon untuk diskonan pembuka dan penutup bulan Agustus kemaren. Satu hal yang kemudian agak menghibur hati Gigit yang lagi gundah gulana adalah… abis itu, harga BD Steins;Gate naik lagi^^


Tanggal 9 Oktober, sehari sebelum rilis, celengan Gigit udah ditagih oleh Amazon untuk persiapan pengiriman BD Amagami SS/SS+. Gigit baru nyadar, tanggal rilisnya ternyata barengan dengan Gigit nerbitin tulisan ini pertama kali.

Empat hari kemudian, pesenan Gigit dikirim. Dengan estimasi nyampe sekitar pertengahan November 2017.


Sebulan kemudian, 20 November 2017, Gigit nyoba ngecek tracking Amagami di Amazon. Yah, Gigit tau, sih, nggak bisa di-tracking. Gigit cuma pengen ngeliat tanggal estimasi datangnya aja. Soalnya, entah kenapa, ga biasanya pesenan Gigit dari US telat banget. Biasanya, 3 minggu udah nyampe. Ini, udah lebih dari 4 minggu.

Dan…, seperti biasa. Amazon US “baik banget”. Tanggal estimasinya diperpanjang^^

amagami-amazon-sorry-late-dirgita
Biasanya, Gigit ngerasa biasa-biasa aja kalo nemu tulisan begini. Tapi sekarang, kok, seneng, ya? Hehe^^

Ntar, kalo sampe 2 bulan ga nyampe-nyampe, Gigit bakal nyamperin Kantor Pos Besar. Berdasar beberapa artikel yang Gigit temuin di Internet, Gigit rasa nyangkutnya di bea cukai atau di kantor pos. Hihi^^


Akhirnya, 16 Desember 2017, setelah melalui perjalanan panjang sejauh hampir 10 minggu, BD Amagami SS/SS+ tiba juga. Bareng-bareng dengan BD A Silent Voice dari pesenan di bulan Oktober.

anime-haul-201708-dirgita-amagami
Nyampeeeee! Setelah perjalanan lebih dari 9 minggu, akhirnya tiba dengan selamat tak kurang satu apa pun^^

Yah, begitulah.

Awalnya, nggak ada niat buat nyari diskonan. Tapi ujung-ujungnya, jadi kalap juga. Ini semua gara-gara Nisekoi!

Kalau dirangkum, kronologinya jadi begini.

  1. Diskonan pertama, walau sempat batal, Gigit pesen BD Nisekoi musim pertama (bagian 1 dan 2) di Amazon.co.uk. Pesan di akhir Agustus, dikirim seminggu kemudian. Sampe tulisan ini di-publish pertama kali, masih belum nyampe.
    Dan setelah nyaris 2 bulan dari tanggal dikirim, diskonan pertama ini akhirnya nyampe di urutan yang ketiga.
  2. Diskonan kedua, selang beberapa hari setelah sempat gagalnya diskonan pertama, Gigit pesen BD/DVD Ground Control to Psychoelectric Girl dan Hal dari RightStufAnime.com yang lagi sale di akhir-pertengahan Agustus. Sekitar 5 hari kemudian baru lepas landas dan di minggu terakhir September sampai di tangan Gigit. Kurang lebih, perlu waktu sekitar 5 minggu sejak dipesan, atau 4 minggu sejak dikirim. Diskonan kedua, dateng pertama.
  3. Diskonan ketiga, selang sehari setelah diskonan kedua. Gigit pesen BD Arata Kangatari volume 5 dan 6 via Titip Jepang. Nyampe gudang Jepang seminggu kemudian, dan hampir 4 minggu kemudian nyampe gudang Jogya di beberapa hari sebelum Oktober. Nyampe di Gigit seminggu kemudian. Kurang lebih, perlu waktu sekitar 6 minggu sejak Gigit pesen. Diskonan ketiga, dateng kedua.
  4. Maap, ini bukan diskonan anime. Gigit pesen VCD FTV Wo Ai Ni Indonesia di BukaLapak. Buat nostalgia^^
  5. Diskonan keempat, Gigit nyoba PO BD/DVD Your Name edisi standar di Amazon. PO di akhir Agustus, rencana rilis 7 November 2017. Perkiraan nyampe, 1 – 21 Desember 2017. Tapi di akhir September, PO ini Gigit batalin.
  6. Diskonan kelima, Gigit nyoba PO BD Amagami SS/SS+ sekaligus pesen BD/DVD Steins;Gate di Amazon, sehari setelah diskonan keempat di atas. Amagami SS/SS+ rencana rilis 10 Oktober 2017, perkiraan nyampe akhir November 2017.
    Tapi kemudian, Steins;Gate yang bukan item PO dikirim lebih dulu oleh Amazon di awal September dengan IMEXX Global Solutions. Perkiraan sampe, maksimal 5 minggu, sekitar minggu pertama Oktober. Namun kemudian, tiba lebih awal dua minggu dari seharusnya, hanya 3 minggu perjalanan. Sedangkan Amagami SS/SS+ dikirim dua hari setelah rilis, dan akhirnya tiba setelah kurang lebih 9 minggu perjalanan.
anime-haul-201708-dirgita
Satu demi satu, diskonan anime yang Gigit pesen di bulan Agustus, akhirnya terkumpul semua sebelum Desember 2017 berakhir^^

Sebenernya….

Agustus kemaren, banyak banget PO-an anime yang sebenernya udah Gigit nanti-nanti. Sebut aja ReLIFE, Flying Witch, Gundam IBO, Haven’t you Heard? I’m Sakamoto, dan juga Myriad Colors Phantom World. Tapi…, terpaksa Gigit skip. Kesian sama celengan. Pun, terpaksa Gigit skip karena udah pernah nonton.

Sewaktu Gigit bikin konsep tulisan ini, sekitar 20-an Agustus, semuanya masih bisa ditonton dari situs-situs official streaming. ReLIFE masih bisa ditonton di Crunchyroll. Flying Witch ada di Sushiroll.co.id. Gundam IBO ada di channel YouTube resmi GundamInfo. Kalo Sakamoto, tayang di Animax Asia dan bisa ditonton lewat Genflix. Trus Myriad Colors Phantom World di Iflix dan juga masih tayang di Aniplus Asia (bisa ditonton via USeeTV bagi pelanggan IndiHome).

Yah…, mungkin di lain kesempatan aja Gigit ngoleksi mereka semua.

Sampai jumpa di diskonan selanjutnya^^

Buat yang kepo.

Penulis: Dirgita

Dirgita itu Gigit, Gigit itu pelupa~.~

4 tanggapan untuk “Gigit Curhat: Diskonan Anime Agustus 2017”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s