Gigit Kepo: Bahas DVD Kimikiss: Pure Rouge

Ini tentang cinta yang… membingungkan dan bikin ga tegaan.

Iklan

Tahun 2017 kemarin, Gigit banyak belanja diskonan anime. Dari sekian banyak, DVD Kimikiss: Pure Rouge yang duluan Gigit tonton sampe abis. Jadi, mari kita kepoin sama-sama^^

Ini tentang cinta yang… membingungkan dan bikin ga tegaan.

Emang sejak kapan, sih, masalah cinta nggak bikin bingung? Yang jomblo aja bisa bingung kalo ngomongin soal cinta, apalagi yang sedang kasmaran. Iya, nggak?

Nah, kira-kira begitulah inti kisah yang diangkat oleh anime ini. Muda-mudi usia SMA yang bingung akan cinta mereka. Ada yang cintanya bertepuk sebelah tangan, ada yang merasa dipermainkan, ada pula yang ingin menyangkal benih-benih cinta yang tumbuh di hatinya.

Puitis banget Gigit kali ini^^

Sesuai judulnya, anime ini juga mengandung adegan ciuman. Tapi juga sesuai ekspektasi Gigit pertama beli, nggak ada fan services berlebih kayak rok yang ditiup angin, cowoknya “salah pegang”, adegan-adegan atau sudut pengambilan gambar yang “menjurus”, dan sejenisnya. Tapi lebih banyak ngebahas tema-tema remaja seperti persahabatan dan percintaan. Dan…, lumayan banyak juga adegan dan penggambaran yang lucu^^

kimikiss-dvd-adegan-lucu-dirgita
Salah satunya ini. Kak Mao nabrak tiang listrik~.~ (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.

Karena temanya seperti itu, rating usianya TV-14 D (ada di bagian belakang kemasan DVD-nya). Lagian juga, anime ini ceritanya tentang anak-anak SMA. Ya, udah pasti ga cocok buat anak SMP, apalagi SD. Ngomongin perasaan gitu, loh~.~

Terakhir sebelum Gigit bahas DVD-nya…, Gigit mau curhat. Perlu waktu cukup lama bagi Gigit untuk bisa nonton ulang anime ini. Setiap ingin nonton ulang, Gigit langsung mundur, karena nggak tega ngeliat nasib cinta salah satu tokoh perempuannya. Gigit sebenernya pengen spoiler, tapi nggak tega juga. Biarlah status ini yang berbicara…~.~

Eh, iya. Sewaktu nonton ini, Gigit bikin catetan yang bunyinya, “Satu-satunya yang annoying di serial ini adalah… musik transisi di tiap pertengahan episode.”

Rilisan Amerika, dalam dua bagian.

DVD yang Gigit punya adalah rilisan Sentai Filmworks, dan diterbitkan dalam dua part, yakni collection 1 dan collection 2. Semuanya tidak di-dubbing dalam bahasa Inggris. Dan jika diputar di DVD player, subtitelnya nggak bisa dimatiin.

kimikiss-dvd-col-1-2
Kimikiss: Pure Rouge Collection 1 dan Collection 2 oleh Sentai Filmworks.

Selain itu, Sentai Filmworks juga ngeluarin versi komplitnya (yang nggak pake part-part-an). Tapi karena waktu itu perbandingan harganya cukup jauh, ya…, Gigit ambil yang dibagi dua aja. Hihi^^

Collection 1.

Bagian pertama ini berisikan 13 episode (episode 1 – 13). Keping DVD-nya sendiri dikemas dalam boks DVD standar berwarna hitam.

kimikiss-dvd-col-1-dirgita
Kemasan DVD Kimikiss: Pure Rouge Collection 1. Isinya episode 1 – 13.

Di disk pertama, terdapat episode 1 – 6, yang dilengkapi ekstra (special features) berupa sejumlah trailer anime yang dirilis oleh Sentai Filmworks dan juga DVD credits (pihak-pihak yang terlibat dalam authoring DVD Kimikiss: Pure Rouge Collection 1).

kimikiss-dvd-col-1-disk-dirgita
Ini isi boksnya.
kimikiss-dvd-col-1-disk-1-menu
Tampilan menu utama di disk pertama koleksi pertama. Betewe, itu yang di kiri namanya Kak Mao. “Biang kerok” runyamnya kisah cinta tokoh utama kita^^ (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.

Sedangkan di disk kedua, terdapat episode 7 – 13, serta dilengkapi special features lagu pembuka dan penutup tanpa teks. Di DVD ini disebut Clean Opening dan Clean Closing Animation, atau biasa juga disebut textless opening dan textless closing.

Collection 2.

Bagian kedua ini jumlah disk dan kemasannya juga sama seperti collection 1. Episode yang disertakan adalah 11 episode terakhir (episode 14 – 24), ditambah 1 episode OVA.

kimikiss-dvd-col-2-dirgita
Kemasan DVD Kimikiss: Pure Rouge Collection 2. Isinya episode 14 – 24, ditambah 1 OVA.

Episode 14 – 19 ada di disk pertama, ditambah special features yang mirip dengan disk pertama collection 1.

kimikiss-dvd-col-2-disk-dirgita
Begini isi kemasan koleksi kedua.
kimikiss-dvd-col-2-disk-2-menu
Ini tampilan menu untuk disk kedua di koleksi kedua. Kakak yang ada di sebelah kiri itu namanya Kak Asuka. Cintanya…, ah, sudahlah^^ (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.

Sedangkan episode 20 – 24 dan juga episode 25 (OVA) ada di disk kedua. Dengan special features-nya juga sama seperti disk kedua collection 1.

Subtitelnya Inggris, audionya Jepang.

Dan cuma mau ngingetin lagi, subtitelnya nggak bisa dimatiin kalau diputer di DVD player biasa. Karena menunya untuk itu nggak ada.

Subtitelnya sendiri kayak gaya Gigit ngesub. Ada dua warna, kuning dan putih. Warna kuning untuk dialog utama, sedangkan warna putih untuk dialog sisipan (kayak berita di televisi) atau terjemahan teks Jepang. Bedanya kalo Gigit ngesub, jenis huruf dan ukuran huruf semuanya sama. Kalo subtitel buatan Sentai Filmworks, jenis huruf dan ukurannya bervariasi, terutama untuk subtitel dialog sisipan dan terjemahan teks.

kimikiss-dvd-sub-kuning
Subtitel kuning. (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.
kimikiss-dvd-sub-putih
Subtitel putih. (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.
kimikiss-dvd-sub-kuning-putih
Subtitel kuning dan putih ketemu di satu frame. Itu yang subtitel warna putih terjemahan dialog pembawa berita di TV. (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.
kimikiss-dvd-sub-kuning-bonus
Bonus. Kak Mao kayaknya lagi seneng banget, ya? Hihi^^ (c) 2006 ENTERBRAIN, INC./(c) 2007 KIMIKISS COMITTEE / (c) 2010 Sentai Filmworks.
Videonya NTSC yang interlaced.

Begitulah. Kalo muternya di komputer, opsi deinterlaced harus diaktifin. Kalau nggak, ntar muncul garis-garis. Sedangkan resolusi videonya ada di 852 x 480 piksel.

Nah, sedemikian.

Itulah kepoan Gigit soal DVD Kimikiss: Pure Rouge yang diterbitin sama Sentai Filmworks untuk Amerika. Kalau rilisan Jepang, udah pasti beda lagi, tapi Gigit nggak punya.

Semoga informasinya bermanfaat buat temen-temen. Kalo pun nggak bermanfaat, seenggaknya bisa menghibur. Hihi.

Sampai jumpa di kepoan yang lain lagi^^

Buat yang kepingin kepo lebih lanjut.

Kimikiss: Pure Rouge di RightStufAnime.com.

Kimikiss: Pure Rouge di Amazon.com.

Penulis: Dirgita

Just call me Gigit. I'm virtual writer^^

2 tanggapan untuk “Gigit Kepo: Bahas DVD Kimikiss: Pure Rouge”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.