Gigit Kepo: Tempat Nonton Anime Spring 2018 untuk Indonesia

A guide to watching legal anime for spring 2018 in Indonesia.

Iklan

Daftar ini sebenernya udah lamaaaaa banget pengen Gigit bikin. Bahkan, sebelum Gigit nulis daftar tempat nonton anime beberapa waktu lalu. Tapi akhirnya, setelah ngeliat temen-temen di Singapura dan Malaysia bikin daftar nonton anime secara legal untuk negaranya masing-masing, niat Gigit itu pun balik lagi buat bikin. So, let’s check it out!^^


Last update: 23 Mei 2018


Ini daftar khusus untuk tayangan musim semi 2018. Untuk daftar tempat nonton musim panas 2018, bisa dilihat di sini.

Dan kalau mau lihat daftar tempat nonton yang tak kenal musim, bisa lihat di sini.

Ada baaaaanyak banget judul anime yang terbit di musim semi ini. Gigit nggak tahu jumlah persisnya. Pokoknya, banyak, deh! Nah, dari semua judul itu, ada beberapa yang bisa kita tonton dari Indonesia. Secara legal.

Daftarnya sendiri Gigit susun dikelompokkan dari tempat nontonnya. Trus, judulnya diurut sesuai abjad berdasar judul versi Inggris (kalau ada). Dan…, ini dia!

1. Animax Asia

Ada beberapa cara untuk bisa nonton Animax di Indonesia, bisa berlangganan Sushiroll, tambah minipack USeeTV bagi pelanggan IndiHome, atau bisa juga daftar as premium membership di Dens.TV. Daftar lengkap cara supaya bisa nonton Animax di Indonesia, bisa lihat di sini. Nah, berikut daftar simulcast Animax Asia untuk musim semi 2018.

spring-2018-anime-animax
Tiga judul simulcast anime musim semi 2018 di Animax Asia.

Dan mulai musim tayang ini, Animax juga akan nayangin perdana beberapa judul anime yang premiere-nya tahun lalu dalam konsep double episode.

2. Aniplus HD

Mau nonton Aniplus? Pelanggan IndiHome bisa langsung ke situs USeeTV, atau pake STB yang dihubungkan ke TV, bisa juga nonton via Tribe Indonesia, atau daftar sebagai anggota premium di Dens.TV^^

Ini simulcast lanjutan dari musim sebelumnya.

Dan ini simulcast yang baru untuk musim semi.

spring-2018-anime-steins-gate-aniplus
Salah satu judul simulcast di Aniplus HD.
3. CARDFIGHTVanguard

Channel resmi mereka bisa dijumpai di YouTube, https://www.youtube.com/user/CARDFIGHTVanguard. Mulai musim semi 2018 ini, akan nampilin serial Cardfight!! Vanguard versi tahun 2018.

4. Crunchyroll

Simulcast di Crunchyroll rata-rata perlu premium membership kalau mau nonton pas tayang. Kalau pengen gratis, harus nungguin seminggu setelah premier episode terkait.

Ini simulcast lanjutan dari musim sebelumnya.

Dan ini simulcast yang baru untuk musim semi 2018.

Tambahan, bukan simulcast, tapi muncul di musim semi.

spring-2018-anime-crunchyroll
Beberapa judul yang simulcast di Crunchyroll untuk musim semi 2018.
5. Gundam.Info

Gundam.Info bisa ditemuin di dua tempat. Bisa mampir langsung ke https://en.gundam.info, atau bisa main langsung ke channel resmi mereka di YouTube.

Simulcast musim semi 2018.

Bukan simulcast, tapi muncul di musim semi 2018.

Dan kabarnya, Gundam.Info juga bakal nayangin movie anime lawas mereka, Mobile Suit Gundam F91.

spring-2018-anime-gundaminfo
Beberapa judul yang tayang di Gundam.Info musim semi 2018.
6. Prime Video

Saat pertama kali tulisan ini Gigit publish, PrimeVideo.com masih aja kena blokir sama Telkom (Speedy/IndiHome). Tapi, bisa diakses kalau pake Telkomsel (Simpati/AS/HALO) dan juga Tri. Di Prime Video, ada sejumlah anime yang udah punya subtitel Indonesia. Tapi untuk yang simulcast musim semi 2018, sepertinya belum ada.

Ini simulcast lanjutan musim sebelumnya.

Dan ini simulcast baru untuk musim semi 2018.

spring-2018-anime-primevideo
Beberapa judul simulcast musim semi 2018 di Prime Video.

Dan baru aja memasuki masa tayang musim semi 2018, kebiasaan lama Prime Video kumat lagi. BEATLESS, Magical Girl Site, dan Wotakoi kompak bermasalah dengan episode terbaru mereka. Ada yang berminggu-minggu nggak kunjung dapet episode baru, ada juga yang dapet tapi malah statusnya not available (ada tapi nggak bisa ditonton). Duh, padahal kalo diliat di situs induknya yang khusus untuk US (https://amazon.com), ketiga judul itu sama sekali nggak bermasalah.

Apa mereka punya masalah sama hak siarnya? Au…~.~

Demikian.

Itu dia daftar anime yang bisa kita tonton untuk musim semi 2018. Beberapa ada yang kabarnya bakal bisa ditonton dari Indonesia, tapi nggak Gigit masukin. Karena sewaktu Gigit cek, masih belum keliatan. Akan Gigit update daftarnya kalau ada judul yang baru. Yah, kalau lagi sempet atau lagi inget.

Selamat menonton, dan jangan lupa pilih yang sesuai usia^^

Buat yang kepo.

Sumber utama tulisan ini dari MyAnimeList.net, diakses terakhir kali, 8 Mei 2018.

Penulis: Dirgita

Just call me Gigit. I'm virtual writer^^

One thought on “Gigit Kepo: Tempat Nonton Anime Spring 2018 untuk Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.