Gigit Kepo: Bahas BD Otoboku Futari no Elder

Dan lagi-lagi, Ibu Kajiura terlibat dalam “skandal” anak cowok sekolah di sekolahan khusus cewek.

Iklan

Setelah Gigit mutusin untuk ngoleksi serial Otoboku di bulan Mei 2017 yang lalu, Gigit pun ga mau tanggung-tanggung. Di bulan yang sama, Gigit mutusin untuk mulai ngoleksi sequel-nya yang bertajuk Futari no Elder. Mari kita kepoin sama-sama isinya^^

Suksesor Mizuho.

Otome wa Boku ni Koishiteru: Futari no Elder The Animation berkisah tentang adik kelas Mizuho (tokoh utama pada serial pertamanya) bernama Kisakinomiya Chihaya. Kalau Mizuho masuk SMA Seio karena permintaan sang kakek, maka Chihaya pindah ke sana demi nurutin permintaan ibunya. Dan lagi-lagi, Ibu Kajiura terlibat dalam “skandal” anak cowok sekolah di sekolahan khusus cewek.

Tapi, serial pertama dan keduanya itu punya perbedaan yang saaangaaaaat jauh. Selain beda dari jumlah episode dan karakter utamanya, Futari no Elder lebih drama dibanding serial pendahulunya yang komikal. Ibu Kajiura juga udah lepas kacamata dan rambutnya digerai di serial kedua ini^^

otoboku-episode-2
Kita nggak akan ketemu adegan kayak gini di Futari no Elder.

Sebagai catetan, anime ini rating usianya untuk 13 tahun ke atas. Kamu akan ketemu adegan di kamar mandi di episode pertama, dan adegan ciuman di episode ketiga. Bukan tontonan buat anak-anak yang masih ingusan.

Rilisan Jepang.

Beda sama serial prequel-nya yang sampe 12 episode, Futari no Elder hanya berjumlah tiga episode dalam format OVA, serta tidak memiliki distributor di luar Jepang. Gigit terpaksa jadi importir buat ngelengkapin semuanya~.~

futari-no-elder-bd-vol-123-dirgita
Sekuel Otoboku lengkap.

Otoboku Futari no Elder sendiri ada dua versi rilisan, versi DVD dan versi BD. Karena Gigit pertama kali terlanjur beli yang BD (karena waktu itu lagi diskon), ya…, akhirnya sekalian aja semuanya BD. Jadi, yang Gigit bahas ini adalah versi BD, ya. Bukan yang DVD^^

Setiap volume terdiri dari BD dan CD.

Semua volume BD Futari no Elder dirilis dalam bentuk digipack dengan sleeve cover. Selain itu, juga terdapat bonus buklet dan CD soundtrack.

Untuk buklet, Gigit nggak ngerti isinya apaan. Tulisan kanji semua. Tapi dari gambarnya, bisa ditebak tentang karakter-karakter yang ada di serial, juga mungkin sekaligus interview dengan pengisi suara maupun staf produksinya.

otoboku-2-futari-no-elder-ova-vol-1-bd-box-top-side
Itu perbandingan ukuran dan ketebalan bukletnya. Kalo Gigit ga salah itung, isi bukletnya 6 lembar. Kalo ga salah, sih.

Nah, kalo CD…, ini CD OST (original soundtrack), ya. Bukan CD theme song. Jadi, kita nggak bakal nemu lagu-lagu yang muncul di opening maupun ending tiap episode. Selain berisi original soundtrack, CD di tiap volume selalu nyertain sejenis rekaman bincang-bincang para pengisi suaranya di trek pertama. Durasinya sekitar 20 – 30 menit.

BD Volume 1.
futari-no-elder-bd-vol-1-dirgita
Tampak luar BD volume 1.
futari-no-elder-ova-1-bd-menu
Menu utama pada BD Futari no Elder OVA 1. Gigit nggak ngerti apa maksudnya. Tapi salah satu dari menu itu merujuk dua video ekstra, yang kayaknya iklan atau promotional video. (c)ホビボックス・キャラメルBOX/おとボク2製作委員会

Volume pertamanya ini nyertain episode pertama dari serial Futari no Elder, dilengkapin CD OST untuk trek-trek yang juga muncul di episode pertama. Tak ketinggalan trek audio latar saat Chihaya duel anggar bersama Kaoruko, dan juga trek audio latar untuk preview episode selanjutnya. Total, ada 16 trek.

futari-no-elder-bd-vol-1-disk-dirgita
Penampakan disk-nya. Yang kiri itu BD, yang kanan itu CD. Di balik tiap disk ada ilustrasi sesuai tulisan yang ada di atasnya. Misal, di sebelah kiri itu ada tulisan Kaoruko Nanahara, di bawahnya itu ada ilustrasi Kaoruko. Gitu juga yang sebelah kanan. Ada ilustrasi Chihaya. Sebenernya, pengen Gigit potoin semua. Tapi, ntar tulisan ini jadi bandwidth killer. Hihi^^

BD-nya dilengkapin menu dengan 4 pilihan yang semuanya dalam bahasa Jepang. Gigit completely ga ngerti. Tapi dari coba-coba, bisa diketahui kalo menunya, tuh, kayak gini.

  1. Buat muter satu episode penuh dari awal sampai akhir.
  2. Buat milih chapter khusus (lompat-lompat adegan gitu). Dibagi jadi 5 chapter.
  3. Ekstra. Ada dua video singkat yang kayaknya sejenis promotional video.
  4. Gigit kurang paham maksudnya apa. Tapi tiap kali dipilih, Gigit ngelompat ke menit 10. Juga sama di OVA 2 dan 3.
futari-no-elder-bd-vol-1-buklet-dirgita
Contoh isi buklet volume 1.

Bonus buklet di volume ini kayaknya fokus ngebahas Chihaya dan Kaoruko. Yang kalo di ilustrasi di atas, Chihaya yang rambutnya putih, Kaoruko yang rambutnya item.

BD Volume 2.
futari-no-elder-bd-vol-2-dirgita
Penampilan kemasan volume 2.
futari-no-elder-ova-2-bd-menu
Menu utama pada BD Futari no Elder OVA 2. (c)ホビボックス・キャラメルBOX/おとボク2製作委員会
futari-no-elder-bd-vol-2-disk-dirgita
Penampakan disk volume 2.

Volume kedua ini untuk episode yang kedua, dengan pembagian 5 chapter (opsi kedua dari menu utama BD). Sedangkan CD-nya berisi 9 trek audio latar yang muncul di episode kedua tersebut, sekaligus sesi bincang-bincangnya. Bahkan, suara ketika Kaoruko latihan selo seorang diri juga ada di sini, lengkap dengan nada-nada sumbangnya^^

futari-no-elder-bd-vol-2-buklet-dirgita
Buklet volume keduanya berisi karakter-karakter pendamping, kayak Fumi dan Kaori.

Ekstranya seperti BD volume 1, ada dua video promosi singkat. Sedangkan bonus bukletnya berisi character set untuk pemeran selain tokoh utama.

BD Volume 3.
futari-no-elder-bd-vol-3-dirgita
Kemasan volume 3.
futari-no-elder-ova-3-bd-menu
Menu utama pada BD Futari no Elder OVA 3. Kalo diliat-liat, pilihan yang ada juga sama seperti OVA 1 dan 2, kan? (c)ホビボックス・キャラメルBOX/おとボク2製作委員会

Nah, kalo volume ketiga, tentunya juga sama. Ada episode ketiga dan CD trek audio latar yang muncul di episode ketiga. Semuanya ada 15 trek, termasuk audio bincang-bincangnya.

futari-no-elder-bd-vol-3-disk-dirgita
Disk pada volume 3. Yang kiri ada tulisan Kaori & Fumi, itu karena di balik disk-nya ada gambar Kaori dan Fumi. Begitu juga yang di sebelah kanan. Kalo CD-nya kita lepas, akan keliatan gambar Hatsune dan Yu.

Karena opsi menunya sama, bisa ketebak isinya apa aja. Untuk ekstranya sendiri, juga tetep dua video singkat. Kali ini, cuma ada 1 video promosi, sedangkan 1-nya lagi video textless opening (video lagu pembuka tanpa teks kredit). Sedangkan pemilihan chapter, dibagi jadi 4 bagian.

futari-no-elder-bd-vol-3-buklet-dirgita
Selain character set, juga ada bagian ini di lembar-lembar terakhir. Ng…, entahlah apa artinya. Kalo boleh nebak, sih, itu kakak-kakak pengisi suara Chihaya dan Kaoruko. Kalo salah tebak, ya…, harap maklum^^

Bukletnya sendiri juga berisi character set kayak volume 2. Kalo Gigit nggak salah, sih. Kalo salah, ya…, mohon maaf^^

Audio Jepang tanpa subtitel.

Begitulah, kita mesti ngerti bahasa Jepang dulu supaya bisa nyambung nonton serial ini. Atau, kita harus nyari subtitel di situs-situs fansub. Gigit sendiri akhirnya nemu versi bahasa Inggris, kemudian bikin penyesuaian.

otoboku-2-ova-1-tes-subtitel-a-la-gigit
Daaan…, beginilah subtitel hasil bikinan Gigit^^
Video unboxing.

Kepingin nonton video unboxing-nya? Kebetulan, ternyata ada fans yang bikin videonya.

Ini volume pertama.

Ini volume kedua.

Ini volume ketiga.

Demikianlah.

Itu dia kepoan Gigit soal BD Otoboku Futari no Elder. Lucunya, Gigit duluan selesai nonton Futari no Elder ketimbang serial pertamanya yang 12 episode itu. Waktu pertama kali tulisan ini Gigit publish, masih mentok sampe episode 9. Tiap pengen nonton, malah nonton serial yang lain. Makanya, sampe sekarang belum bisa Gigit bahas.

Sampai ketemu lagi di kepoan yang akan datang^^

Buat yang kepo.

BD Otoboku Futari no Elder di Amazon.co.jp.

BD Otoboku Futari no Elder di CDJapan.co.jp.

Penulis: Dirgita

Just call me Gigit. I'm virtual writer^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.