Gigit Curhat: Di-PHP-in Prime Video

Sakit tauk di-PHP-in!~.~

Iklan

Sebenernya, Gigit mau masukin tulisan ini di kategori “Gigit Kepo”. But, kejadian beberapa hari terakhir bikin Gigit milih kategori “Gigit Curhat”. Why? Let’s check it out^^

Awal mula.

Gigit waktu itu lagi nyari-nyari info seputar Netflix. Pengen tau, provider mana aja yang nggak ngeblokir layanan mereka. Tapi kemudian, Gigit disodorin artikel tentang Prime Video yang jadi pesaing Netflix masuk ke Indonesia. Artikelnya sendiri Gigit lupa nemu di mana. Tapi gara-gara artikel itu, Gigit pun nyari link menuju Prime Video. Yang ternyata adalah https://primevideo.com.

Diblokir sama Telkom.

Ya, begitulah. Sayang banget. Nasibnya ternyata sama dengan Netflix. Tapi seenggaknya, Prime Video masih sedikit lebih mujur. Masih bisa dibuka kalau pakai anaknya Telkom, Telkomsel (Simpati atau AS). Operator lain yang pernah Gigit coba kayak Tri juga bisa.

Selain itu, kalau pakai aplikasi Android, Prime Video bisa diakses via Telkom (IndiHome). Beda sama Netflix, yang baik versi web atau aplikasi Android dua-duanya kena blok.

Ada animenya?

Ada, dong!

Yah…, walaupun nggak banyak. Tapi denger-denger, sih, katanya bakal nambah terus. Apalagi, kan, dari yang Gigit ikutin sejak akhir tahun 2017, selalu aja ada judul baru tiap musim tayang.

Beda Prime Video di https://amazon.com dengan https://primevideo.com.

Prime Video itu punya dua lokasi berbeda:

  1. yang bisa diakses dari https://amazon.com, dan
  2. yang jadi fokus tulisan ini di https://primevideom.com.

Dari yang Gigit tahu, bedanya jauh banget! Kalo yang di https://amazon.com, kita mesti ikut langganan Amazon Prime. Biaya langganannya agak lebih tinggi dibandingkan https://primevideo.com.

Selain itu, katalog video (terutama banget anime) di https://amazon.com lebih banyak dibandingkan https://primevideo.com. Mungkin, ada hubungannya sama izin atau lisensi yang dipunya sama Prime Video.

Oleh karenanya, kita nggak bisa nonton judul anime yang ada di https://amazon.com karena kena regional lock dan sepertinya cuma untuk pemirsa AS. Sedangkan yang ada di https://primevideo.com, hampir semuanya bisa ditonton dari Indonesia^^

Ada BEATLESS dan After the Rain!

Meski waktu itu katalog animenya nggak banyak, ternyata ada anime ongoing yang kebetulan lagi Gigit tandain, muncul di katalog mereka. Anime itu adalah BEATLESS dan After the Rain (Koi wa Ameagari no You Ni).

Selain itu, ada anime-anime musim sebelumnya yang lagi Gigit cari-cari seperti Re:Creators dan Saekano Flat (Saekano 2) ternyata juga ada di sini. Bahkan, kedua judul tersebut punya subtitel Indonesia! Asyiiiiik!^^

blog-tempat-nonton-anime-prime-video-indonesia-sub
Beberapa judul tayangan yang ada di Prime Video dengan subtitel Indonesia.

Nggak hanya subtitel Indonesia, bahkan ada juga tayangan yang punya sulih suara Indonesia. Sayangnya, bukan anime~.~

blog-tempat-nonton-anime-prime-video-indonesia-dub
Beberapa judul tayangan di Prime Video dengan sulih suara Indonesia.
Akhirnya, daftar juga.

Singkat cerita, Gigit pun daftar di sana. Gigit mulai maratonan beberapa anime yang udah selesai tayang, serta ngikutin simulcast BEATLESS. Seneng rasanya, apalagi Gigit dapet harga promo^^

Tapi, semua berubah setelah Negara Api menyerang.

Tak lama setelah itu, Gigit kemudian harus menghadapi sebuah kenyataan pahit. Prime Video adalah satu-satunya tempat streaming anime yang punya katalog nggak konsisten yang pernah Gigit jumpai!

Pertama, judul yang tersedia untuk Indonesia, belum tentu menjamin seluruh episodenya juga tersedia untuk Indonesia. Bayangin, ada anime 12 episode, tapi episode 4 dan 6-nya (misalnya) nggak bisa ditonton! Contohnya adalah Inuyashiki, Saekano 2, dan Killing Bites.

primevideo-killing-bites
Killing Bites di Prime Video, episode ke-10 tidak bisa ditonton oleh member dari Indonesia.

Dan di saat Gigit nerbitin tulisan ini, juga kejadian dengan BEATLESS episode ke-13 (atau episode 15 kalo diitung dengan Intermission).

Kedua, update katalognya lamaaaaa pake banget. Gigit udah beberapa minggu ini merhatiin Wotakoi sama Magical Girl Site di katalog mereka. Dan tahu nggak? Udah tiga minggu, cuma ada episode pertama di sana! Bayangin! Seharusnya, kan, udah masuk episode ketiga! Padahal, kalo kita ngeliat ke situs induknya di https://amazon.com, episode kedua dan ketiganya itu udah up sejak lama.

Gigit nggak tahu masalahnya apa. Apakah mereka punya jadwal sendiri buat penonton worldwide di luar AS? Atau, mereka punya masalah dengan hak siar mereka? Entahlah.

Yang jelas, Gigit ngerasa di-PHP-in!

Puncaknya, ya, BEATLESS itu. Ketika Gigit ngeliat statusnya berubah unavailable, jengkelnya Gigit naik sampe ke ubun-ubun. Dan Gigit pun mutusin buat bikin tulisan ini dan juga ngirim pesan ke CS-nya.

Kemudian, Gigit dapet balesan dari tim support-nya Prime Video.

Katanya, judul yang Gigit tanyain ada sedikit masalah teknis dan sementara waktu ditarik sama penerbitnya. Akan di-upload ulang kalo masalah teknisnya udah terselesaikan. Katanya juga, sebagai kompensasi, langganan Gigit dua bulan terakhir bakal di-refund. Dan…, ga pake lama, beneran di-refund.

Gigit udah pernah cerita belum? Kalo Amazon itu perusahaan yang “terlalu baik”. Saking baiknya, malah nyeremin?

Semoga aja masalahnya dapat diselesaikan dengan segera. Dan…, semoga aja Gigit bisa nonton lagi. Kalau nggak…, mending berenti langganan sampe bener-bener kondusif. Lagi pun, satu-satunya yang bikin Gigit tetep langganan Prime Video cuma BEATLESS dan Wotakoi (untuk musim semi 2018 kemarin). Kalo dua-duanya nggak bisa ditonton, ya…, buat apa? Mana dolar juga lagi mahal, kan?~.~

Demikianlah curhatan Gigit.

Sungguh sayang banget. Padahal, Amazon itu perusahaan yang gede. Marketplace yang mereka punya keren banget. Setahun terakhir ini, Gigit nggak ada masalah sama sekali dengan mereka. Tapi…, malah streaming service mereka yang malah kurang mulus. Terutama banget, buat tayangan di kategori anime.

Semoga aja kebiasaan begini nggak berlangsung lama dan nggak terulang lagi. Kalau begini terus, kan, Gigit bisa-bisa nggak percaya lagi sama mereka. Sakit tauk di-PHP-in!~.~

Penulis: Dirgita

Just call me Gigit. I'm virtual writer^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.