Gigit Kepo: Bahas DVD Beelzebub

… penuh kebaperan yang hakiki.

Iklan

Sejarah Gigit jadi doyan nonton anime kayak sekarang nggak bisa dilepaskan dari anime yang satu ini. Yups, karena sewaktu Gigit setres awal tahun lalu, anime inilah yang pertama kali Gigit temuin dan ngebikin penasaran. Dan akhirnya, berujung dengan ngoleksi DVD-nya. Karena DVD-nya udah ada, mari kita bahaaaaas!^^

Nyari orang yang lebih kuat.

Intinya, sih, gitu. Si preman sekolah yang jadi tokoh utama anime ini nantangin preman-preman lain di sekolahnya buat nyari yang lebih kuat. Bukan karena dia kepingin nguasain sekolah, tapi kepingin ngebuang bayi setan yang nempel di badannya. Bayi setan ini cuma nempel sama orang yang kuat. Begitu.

Ini termasuk anime komedi dengan bumbuan romantis. Banyak aksi konyol yang bikin perut mules. Tapi karena anime ini mengandung bayi kekerasan, Gigit nggak anjurin anime ini ditonton adik-adik di bawah 13 tahun. Terlebih, ada temennya tokoh utama yang otaknya nggak jauh-jauh dari pikiran mesum atau tingkahnya yang rada-rada jijai!

Selain ceritanya yang konyol, Beelzebub punya dua ending song yang menarik perhatian Gigit. Menarik karena kayaknya nggak nyambung sama serial ini yang banyak berantemnya, tapi lumayan catchy. Yang Gigit maksud, tuh, ending song kedua dan ketiga. “Tsuyogari” oleh Shoko Nakagawa dan “Nanairo Namida” oleh Tomato n’ Pine.

“Tsuyogari” nadanya lumayan semangat, tapi video klipnya dibikin rada genit dengan style yang rada beda dari animenya. Kalo lagu penutup “Nanairo Namida”, nadanya melow, dengan klip yang makin nggak nyambung. Buat yang nggak pernah nonton Beelzebub, mungkin dipikir ini klip lagu penutup dari anime slice of life yang penuh kebaperan yang hakiki^^

Rilisan Amerika, dalam dua bagian.

DVD yang Gigit punya adalah rilisan Discotek Media. Bagian pertamanya rilis tahun 2016, sedangkan bagian keduanya rilis tahun 2017. Pas banget ketika Gigit baru kenal anime ini. Aslinya, sih, anime ini rilis pertama kali di Jepang sekitar 2011.

anime-haul-201705-dirgita-pesanan-right-stuf-anime-2-beelzebub
Ini versi Amerika. Kalau versi Jepang, ada 16 volume. Ga kebayang nyimpennya mesti di mana~.~

Setahu Gigit, sih, baik rilisan Jepang dan Amerika, cuma ada versi DVD. Nggak ada versi BD-nya.

Nah, yang banget-banget ngebedain antara versi Jepang dan Amerika itu adalah jumlah volumenya. Kalau Amerika, cuma ada 2 part. Sedangkan Jepang, sampe 16 part. Selain itu, versi Jepang ada bonus animasi pendek (durasi sekitar 2 menitan). Kalau versi Amerika, nggak ada. Yang ada, cuma serial utamanya.

Part 1.

Bagian pertama dari rilisan Amerika ini dikemas dalam boks DVD standar berwarna hitam, yang kemudian dibungkus dalam sebuah sleeve cover. Ada 4 keping DVD di dalamnya yang berisikan 30 episode pertama.

beelzebub-dvd-kotak-dvd
Kotaknya berupa kotak DVD biasa. Isinya ada empat keping DVD.
beelzebub-dvd-keping-dvd
Salah satu keping DVD-nya.

Disk pertama berisi episode 1 – 7, disk kedua berisi episode 8 – 15, disk ketiga berisi episode 16 – 23, sedangkan disk keempat berisi episode 24 – 30.

beelzebub-dvd-part-1-menu
Salah satu tampilan menu utama. Yang ini tampilan menu untuk disk keempat bagian pertama. DVD Beelzebub by Discotek Media.

Khusus disk keempat, ada ekstranya. Disediain masing-masing 3 buah lagu pembuka dan 3 lagu penutup tanpa teks kredit, yang muncul di episode 1 – 30.

Part 2.

Nah, di bagian kedua ini bentuk kemasannya juga sama dengan bagian pertama. Isinya juga sama-sama 4 keping DVD, dengan 30 episode terakhir (episode 31 – 60).

Disk pertama bagian kedua ini berisi episode 31 – 37, disk keduanya berisi episode 38 – 45, disk ketiga berisi episode 46 – 53, sedangkan disk terakhir berisi episode 54 – 60, ditambah ekstra.

Ekstra untuk disk keempat berupa 2 lagu pembuka dan 2 lagu penutup tanpa teks kredit, yang muncul di episode 31 – 60.

Subtitelnya Inggris, dengan audio Jepang.

Di setiap disk, disediain menu untuk nampilin atau matiin subtitel. Subtitelnya sendiri ada dua warna yang ga bisa dipilih. Warna putih buat dialog, sedangkan warna ijo buat lirik lagu.

beelzebub-dvd-sub-putih
Subtitel utamanya warna putih. Itu yang warna merah di kepalanya Bang Oga, nggak lain dan nggak bukan sepatunya Kak Hilda^^ DVD Beelzebub by Discotek Media.
beelzebub-dvd-sub-hijau
Nah, subtitel hijau untuk translasi lirik lagu di opening dan ending. Ini cuplikan closing song ketiga yang kata Gigit nggak nyambung itu^^ DVD Beelzebub by Discotek Media.
Videonya NTSC interlaced.

Jangan lupa nyalain deinterlaced biar nggak garis-garis kalo muternya di PC. Resolusinya sendiri kalo ga salah 853 x 480 piksel (480i).

Begitulah.

Sekian kepoan singkat Gigit buat DVD Beelzebub. Oh iya, Gigit baru tahu belakangan kalau animenya juga tayang di Indonesia via channel Animax Asia. Udah beberapa kali tayang ulang malah, termasuk di tahun 2018 ini.

Nah, selain animenya, komiknya juga terbit di sini, lho. Penerbitnya Elex Media Komputindo. Ada 28 volume dan udah selesai terbit sampai tamat. Cerita yang ada di anime itu kalo nggak salah cuma separuh dari komiknya. Jadi, nggak semua yang ada di komik, nampil di anime.

beelzebub-elex-1500x1000
Ini salah satu cuplikan komik Beelzebub yang diterbitin sama Elex Media Komputindo untuk pasar Indonesia. Tepatnya, ini dari volume kedua^^

Selain komiknya, beberapa lagu pembuka dan penutup Beelzebub juga bisa ditemuin di situs streaming legal di Indonesia (MelOn Indonesia dan LangitMusik).

Makasih banget buat yang udah baca. Sampai jumpa di kepoan yang lain^^

Buat yang kepingin kepo.

DVD Beelzebub bagian pertama.

DVD Beelzebub bagian kedua.

Lagu pembuka “Hey!!!” oleh FLOW.

Lagu penutup “Tsuyogari” oleh Shoko Nakagawa.

Penulis: Dirgita

Just call me Gigit. I'm virtual writer^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.