Gigit Curhat: Catatan 2 – Menuju 10 Tahun PRoBLeMoNeY

Ada versi webnovel-nya di Wattpad!^^

Iklan

Udah jalan enam bulan sejak catatan pertama. Akhirnya, Gigit bisa nulis catatan kedua soal kelanjutan proyek ini. Lalu, ada kabar apa sekarang?

Situs PRoBLeMoNeY ditutup sementara untuk update tampilan.

Nggak hanya situs PRoBLeMoNeY, sih. Tapi, semua situs judul novel yang ditulis oleh Gigit sekarang masuk coming soon atau maintenance mode. Semuanya akan update tampilan. Rencananya, akan dibuka lagi akhir tahun 2018.

Edisi revisi kedua akan rilis lebih awal dari jadwal.

Nah, sekalian dengan dibukanya lagi situs PRoBLeMoNeY nanti di akhir tahun, edisi revisi kedua juga akan Gigit rilis.

Sebelumnya, kan, Gigit kasih tahu kalau edisi revisi kedua ini akan jadi “Edisi Klasik” dari bagian #problem10tahun. Tapi…, Gigit akhirnya berubah pikiran.

Proyek #problem10tahun adalah proyek reboot!

Iyups! Ada perubahan rencana dalam proyek #problem10tahun. Semula, kan, maksudnya cuma sebagai proyek ekspansi cerita. Cerita dari novelnya yang asli ditambah-tambahin biar makin panjang. Rupa-rupanya, penambahan cerita ini bikin Gigit harus nulis ulang ceritanya dari awal. Dan, tercetuslah ide untuk menjadikan #problem10tahun sebagai proyek reboot.

Tapi, tenang aja. Proyek tulis ulang ini nggak akan menghilangkan topik utama yang jadi pondasi diterbitinnya PRoBLeMoNeY yang asli, tahun 2009 silam.

Lebih lanjut lagi, keputusan reboot inilah yang ujung-ujungnya ngebikin edisi revisi kedua dibatalin sebagai bagian proyek ulang tahun. Makanya, Gigit putuskan untuk nerbitin edisi revisi lebih awal. Sedangkan posisinya sebagai “Edisi Klasik” nantinya bakal diganti sama versi ringkas dari cerita yang udah ditulis ulang. Tentunya, “Edisi Klasik” ini bakal menggunakan pembagian bab dan penuturan yang semirip mungkin sama versi yang asli.

Lini #problem10tahun bertambah dengan edisi webnovel.

Kabar baik buat yang penasaran sama cerita hasil reboot. Bisa diintip ceritanya dalam edisi webnovel! PRoBLeMoNeY edisi webnovel ini udah bisa dinikmatin via platform Wattpad mulai 9 September 2018. Dari tanggalnya, teman-teman pasti tahu kenapa Gigit milih tanggal itu, kan? Hihi^^

Webnovel ini bentuknya serial, ya. Jadi, nggak terbit sekaligus satu cerita utuh. Terbitnya dikit-dikit. Rencananya, sih, bakal ada bab baru tiap 1 – 3 minggu sekali. Khusus untuk terbit perdananya, sengaja Gigit terbitin tiga bab sekaligus.

Yang patut diketahui, cerita di webnovel memang cerita versi reboot. Tapi, nggak semua cerita bakal tampil di situ. Ini ada kaitannya sama format webnovel itu sendiri. Demi kenyamanan yang baca, Gigit ngebatesin tiap bab nggak boleh lebih dari 3.000 kata. Jadi, Gigit harus pinter-pinter motong adegan.

Contohnya aja, nih. Tiga bab pertama webnovel yang terbit 9 September barusan, sebenernya berasal dari satu bab pertama dalam novel edisi buku digitalnya nanti. Dan itupun nggak semuanya tampil! Kalau satu bab utuh mesti tampil di webnovel, bisa-bisa Gigit harus potong sampe 4 atau 5 bagian! Padahal, rencananya, edisi buku digitalnya nanti bakal ada 33 bab. Bayangin aja, kalau semuanya dijadiin webnovel, bakal jadi berapa banyak bab nantinya di Wattpad?

Oleh karenanya, edisi webnovel Gigit sebut juga sebagai versi selected-extended-reboot. Versi panjang dari reboot, tapi tidak semua cerita akan tampil.

Alasan lain kenapa sampe muncul edisi webnovel, karena Gigit sebenernya lagi sebel! Beberapa hari belakangan, Gigit diingetin mulu buat “bayar utang”~.~

Sekian.

Oke, itu dia catatan kedua Gigit soal proyek ulang tahun kesepuluh novel PRoBLeMoNeY. Selamat menikmati edisi webnovel-nya. Dan, sampai ketemu di catatan-catatan yang lain^^

Buat yang kepo.

Penulis: Dirgita

Just call me Gigit. I'm virtual writer^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.