Amazon

Ini catetan Gigit sewaktu pesen-pesen di situs Amazon. Ada yang Amazon US, Amazon UK, dan Amazon JP.

Amazon JP itu metode pengirimannya beda sendiri dengan Amazon yang lain (US dan UK).

Produk-produk yang dijual dan dikirim sama Amazon JP, (kayaknya) cuma pake satu pengiriman ke Indonesia, yakni Amazon PriorityGlobal dengan ekspedisi DHL.

Import fees deposit beneran dibalikin.

Sewaktu Gigit pesen BD anime bulan Mei 2017 lalu dari Amazon JP, Gigit kena import fees deposit. Tapi karna nilai belanjaan Gigit di bawah 100 USD, nggak kena pajak masuk. Dan tiga bulan kemudian, bulan Juli 2017, depositnya dibalikin ke rekening Gigit. Itu karena dulu Gigit bayarnya pake kartu debit.

Lain kali, Gigit mau nyoba belanja pake saldo gift card. Apa bakal dibalikin ke rekening, atau dibalikin ke saldo gift card?

Tahun 2018, udah nggak ada import fees deposit lagi.

Tepatnya kapan, Gigit nggak tahu. Yang pasti, Gigit tahunya sewaktu Gigit mesen CD lagu opening dan closing anime Yuru Camp di bulan Maret 2018. Kan, satu-satunya pilihan pengiriman pake PriorityGlobal. Nah, pesenan kedua Gigit ini ternyata nggak ditagih import fees deposit seperti pesanan tahun lalu. Dan ketika Gigit nyoba pengiriman yang sama di Amazon US maupun UK, hasilnya juga begitu. Nggak ada lagi hitung-hitungan import fees deposit.

Kalo bikin pesenan campur antara item PO dengan yang bukan PO, maka kita bakal ditagih dan dikirim duluan buat item yang bukan PO-nya.

Pengalaman Gigit, waktu itu nyampur anime yang bukan PO dengan anime PO dalam satu pesenan. Anime yang bukan PO waktu itu udah rilis dan ready stock. Sedangkan anime PO, waktu itu masih 40 hari lagi baru rilis. Baru beberapa hari setelah pesan, rekening Gigit langsung kena tagih. Jumlah yang ditagih sebesar harga item yang bukan PO ditambah dengan separuh ongkir keseluruhan order.

steins-gate-amagami-amazon-po-non-po
Contoh kasus kemaren. Steins;Gate dikirim duluan karena ready stock. Sedangkan Amagami SS/SS+ menanti tanggal rilis. Gigit ditagih sejumlah harga Steins;Gate ditambah separuh ongkir.

Saran, kalau mau dikirim barengan, pilih yang tanggal rilisnya nggak jauh-jauh amat. Tapi Gigit belum pernah nyoba.

 

 

Iklan