Right Stuf Anime (Tutup)

Ini catetan Gigit sewaktu pesen-pesen di situs Right Stuf Anime.


Terakhir diubah: 19 Oktober 2023


Selalu dapet “cinderamata” berupa materi promo atau apalah.

Right Stuf Anime suka nyelipin pernak-pernik kecil berupa materi promo atau produk-produk kecil lainnya di paket pesenan kita. Nggak mahal, sih. Nggak bayar, malah. Tapi bentuk atau cetakannya lumayan keren buat dikoleksi.

media-promosi-sisipan-right-stuf-anime
Salah satu contohnya.
Pengirimannya pake jadwal.

Ada jadwal pengiriman buat pelanggan internasional. Jadi, nggak hari ini order, hari ini juga dikirim. Seenggaknya, sempat ngetem beberapa hari di gudang, baru dikirim. Soal jadwalnya kapan aja, Gigit nggak pernah nanya.

Kiriman standar internasional pake Asendia USA yang kemudian diterusin ke USPS. Makanya, punya nomer resi dua buah.

Sewaktu kiriman kita dikirim sama RSA, kita bakal dapet nomer resi Asendia USA berupa angka. Resi ini bisa dipake buat ngelacak kiriman kita selama masih di negeri Paman Sam.

Tapi begitu statusnya berubah diterima sama kantor pos, itu artinya kiriman kita udah mampir ke USPS dan dapet resi baru. Resinya bakal mirip dengan resi EMS, tapi nggak bisa dilacak di situs EMS-nya PT POS. Kalau beruntung, statusnya kemudian berubah jadi in-transit dan begitu terus selama-lamanya. Tiba-tiba aja dua atau tiga minggu kemudian dianter sama Pak POS ke rumah.

asendia-usps-rsa-in-transit
Begitu aja terus sampe lumutan^^
Buat dapetin resi USPS, kita harus mampir di situsnya Asendia USA langsung.

Jangan pake link yang ada di email, tapi kunjungi langsung https://asendiausa.com. Resi USPS akan keliatan di bagian Shipment Facts di bagian paling atas hasil tracking (kalo udah nyampe USPS).

Nggak semua yang dijual di Right Stuf Anime bisa dikirim ke luar Amerika, termasuk ke Indonesia.

Terutama banget semua produk yang dirilis sama ANIPLEX OF AMERICA. Mereka punya kontrak yang nyatain kalau produk-produk mereka teramat khusus buat pasar Amerika.

Saran aja, sebelum pesen, baca dulu deskripsi produknya, terutama di bagian-bagian akhir. Kalau masih ragu, bisa tanya CS Right Stuf Anime.

right-stuf-anime-aniplex-usa-indonesia
Ini hasil tanya-tanya Gigit sama CS Right Stuf Anime beberapa waktu lalu, perihal item-item yang dirilis sama Aniplex of America.

Jadi, kalau Gigit nemu anime di MyAnimeList.net, lalu di bagian Licensors-nya nyantumin “Aniplex of America”, Gigit refleks nyebut, “Idih! Ga bisa beli.”^^

Sayangnya, Right Stuf Anime sekarang sudah tutup.

Per 10 Oktober 2023, Right Stuf Anime udah berhenti operasi. Bukan karena bangkrut atau semacamnya. Tapi, karena merger dengan Crunchyroll. Toko punya Right Stuf digabungkan dengan tokonya Crunchyroll, yakni Crunchyroll Store.

Aksi korporasi ini tentu aja punya dampak. Crunchyroll Store nggak bisa ngirim produk berbentuk home video selain untuk wilayah AS dan Kanada. Itu artinya, Gigit nggak bisa beli DVD/BD dari mereka secara langsung, kecuali lewat forwarder.

Sediy…~.~

8 tanggapan untuk “Right Stuf Anime (Tutup)”

  1. Kak berarti buku tuh sampe kira2 2-3 minggu sejak status berubah jadi in-trasit ya? Soalnya aku nanyain pak pos katanya paketnya ga bisa dilacak 😦

    1. Kalo pengalaman Gigit, sih, seperti begitu. Setelah statusnya jadi in-transit, paketnya nggak bisa dilacak. Dua atau tiga minggu kemudian baru nyampe. Semoga aja paket Kakak segera tiba^^

      1. Amiin, soalnya statusnya in transit dr tgl 16 moga2 bentar lagi sampe paketnya ke aku :”)

        Makasih ya kak hehe contentnya menambah info buat aku ❤

      1. Kurang paham, sih, soal hitung-hitungannya. Kalau nggak salah, untuk komik sekarang kena bea masuk 10% dan PPN 11%. Dihitungnya dari harga kiriman ditambah ongkir dan asuransi kalau ada.

        Sejak pertama artikel ini terbit, sampai sekarang, batasan harga dan tarif bea masuk udah berkali-kali ganti. Jadi, selalu cek sebelum pesan barang dari luar negeri^^

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.